Home » Bandung » 100 Hari Kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar: Memantapkan Pondasi Mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin

100 Hari Kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar: Memantapkan Pondasi Mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin

BANDUNG – Pada 100 hari kepemimpinan pasangan Gubernur – Wagub Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum, berbagai program baru telah diluncurkan sebagai titik mula pembangunan Jabar Juara Lahir Batin.

Program-program yang diluncurkan dalam rentang waktu 100 hari dari sejak dilantik pada Rabu 5 September 2018 oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, menyentuh berbagai lapisan dan kebutuhan masyarakat. Sebut saja dari mulai Jabar Quick Response yang berkhidmat pada urusan kemanusiaan dan sosial hingga Jabar Saber Hoax, yang menjawab kebutuhan warganet akan informasi sehat dan benar.

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menggelar ekspos dan pameran terkait program-program 100 hari kerja Gubernur-Wagub Jabar di lobby Gedung Sate Kota Bandung, dari 22 Desember 2018 – 1 Januari 2019. Pameran ini terbuka bagi umum yang ingin mengetahui lebih lengkap latar belakang, filosofi, hingga dokumentasi seremoni peluncurannya.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Jabar Sonny S Adisudarma mengatakan pameran ini sebagai salah satu sarana ekspos dan sosialisasi kepada masyarakat luas, selain melalui media massa dan media sosial.

“Kami ingin rasa penasaran masyarakat terjawab mengenai program-program 100 hari kerja ini, dan lebih jauh memberikan dukungan bagi semua program ini agar visi Jabar Juara Lahir Batin lekas tercapai,” katanya di Gedung Sate Kota Bandung, Kamis (27/12/2018).

Kilas balik pada momen serah terima jabatan, dalam pidato pertamanya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengutarakan tekadnya melayani 48 juta masyarakat Jawa Barat. Kang Emil sapaan akrabnya mengatakan, Ia adalah pemimpin untuk seluruh warga dan masyarakat Jawa Barat, dan akan memberikan pelayanan tanpa adanya perbedaan.

“Saya kira yang paling realistis, itu jika target pembangunan infrastruktur itu diukur dalam kurun waktu tiga tahun bukan 100 hari,” katanya di Gedung Sate, Kamis (06/09/18) lalu. Namun, karena sudah merupakan kelaziman dalam penyelenggaraan pemerintahan, Kang Emil dan Kang Uu sudah menyiapkan berbagai program dalam 100 hari kerjanya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Program 100 hari kerja yang sudah disiapkan Gubernur dan Wakil Gubenur diantaranya adalah program satu desa satu perusahaan, satu desa satu pesantren, provinsi digital, kepala desa dengan smartphone yang terkoordinasi, Jabar Quick Respon, Kredit Mesra, Sekolah Perempuan, Peningkatan Budaya Literasi, hingga Jabar Masagi – program untuk generasi milenial.

Dalam kesempatan itu Emil dan Wagub UU Ruzhanul Ulum juga mengatakan akan melanjutkan program yang sudah berjalan baik yang telah dibangun oleh Gubernur dan Wagub sebelumnya Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar. “Saya dan Pak Uu akan melanjutkan yang sudah baik oleh Pak Ahmad Heryawan dan Pak Deddy Mizwar, hormat kami kepada mereka berdua,” ucapnya.

Visi yang diutarakan pada saat kampanye nya yaitu terwujudnya Jabar Juara lahir dan batin. Emil menjelaskan, juara artinya SDM Jabar harus terbaik pendidikannya dan daya saing ekonomi dengan cara yang akan ditawarkannya. Sedangkan lahir batin artinya tidak hanya akan membangun infrastruktur fisik saja tapi juga membangun manusia yang religius, pancasilais, toleran dan kompetitif.

“Saya ingin membangun Jabar sebagai provinsi yang warganya paling bahagia, Jabar rangkingnya masih 5 dibawah urusan kebahagiaan maka kami bertekad dalam 5 tahun meningkatkan indeks kebahagiaan. Inovasi kami di Bandung dan Tasikmalaya pun akan dibawa ke Jabar. Pokoknya Saya dan Pak UU akan ngabret dalam 5 tahun kedepan,” tegasnya.

Program-program yang diluncurkan Pemprov Jawa Barat dalam 100 hari kerja Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Rhuzanul Ulum :

1. Jabar Quick Response, Gedung Sate Bandung, Selasa (18/9/18)

2. Ulama Juara – Lepas Kader Ulama Untuk Pendidikan ke Turki, Gedung Sate, Kamis (24/10/18)

3. Sadesha (Satu Desa Satu Hafidz), Kabupaten Bandung, Jumat (09/11/18)

4. Layad Rawat, Kota Cirebon, Rabu (14/11/2018)

5. Ngabaso, Kab. Bandung Kamis (22/11/2018).

6. Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera), Bogor, Selasa (26/11/18)

7. Jabar Masagi, Kota Cirebon, Rabu malam (5/12/18).

8. Jabar Saber Hoaks, Kota Bandung, Jumat (7/12/18)

9. Desa Digital, Indramayu, Senin (10/12/2018)

10.  One Pesantren One Product (OPOP), Kab Bandung, Rabu (12/12/18)

11.  Maghrib Mengaji, Sukabumi Kamis (13/12/18)

12.  Street Library (Kolecer – Kotak Literasi Cerdas), Kota Bogor, Sabtu (15/12/18)

13. Candil (Maca Dina Digital Library), Kota Bogor, Sabtu (15/12/18)

14.  Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita), Kota Bandung, Minggu (16/12/18)

15.  Gurilaps.com aplikasi market Place Pariwisata Jawa Barat

16.  One Village One Company – Desa Juara, Kab. Garut, Kamis (20/12/18).

17.  Hibah Bus Pariwisata, Bandung, Sabtu (22/12/18). (rls/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.