Home » Cirebon » Data Jumlah Rumah Rusak Akibat Puting Beliung Berkurang, Begini Penjelasan BPBD

Data Jumlah Rumah Rusak Akibat Puting Beliung Berkurang, Begini Penjelasan BPBD

CIREBON – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon mengupdet kejadian bencana puting beliung yang melanda 4 blok di Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon.

“Setelah dilakukan assessment hingga pukul 14.00 Wib ada perubahan data. Semula 165 rumah yang rusak kini menjadi 147 rumah. Berkurang karena tidak memenuhi persyaratan,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendar kepada wartawan (31/12/2018).

Dijelakan Dadang, Mengapa ada perubahan data? karena semalam mengupdate berdasarkan dilapangan yang terdampak. Nah setelah bersama-sama antara BPBD dan DPKPP serta PUPR ternyata ada yang tidak masuk kategori. “Karena semalam itu yang terdampak seperti genteng rusak hanya 2 sampai 5 kita tidak masukkan kedalam data kerusakan. Makanya jumlah rumah yang dikategorikan rusak itu berkurang,” jelas Dadang Suhendar.

“Alhamdulillah, bantuan yang masuk saat ini sudah banyak ya, dari dalam Kabupaten Cirebon maupun luar Kabupaten Cirebon,” sambungnya.

Dadang menambahkan, tadi pagi pihaknya sudah melakukan kerjabakti di dampingi dengan pemilik rumah untuk menghindari aksi kriminalitas khususnya memperbaiki rumah-rumah yang rusak ringan agar pengungsi yang semalam tidur di masjid bisa menempati rumah lagi. Dan yang sedang dan berat baru nanti akan di perbaiki.

“Bantuan fisik khususnya 5 rumah yang ambruk rata dengan tanah akan ditanggung oleh Baznas Kabupaten Cirebon dan langsung akan di bangunkan. Nah yang rusak sedang datanya akan kita laporkan ke Pak Bupati dan segera di proses oleh Pemda dan semua di biayai oleh anggaran Pemda Kabupaten Cirebon,” tandasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.