Home » Cirebon » Puluhan Pejabat Pemkab Cirebon Diperiksa KPK

Puluhan Pejabat Pemkab Cirebon Diperiksa KPK

CIREBON – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa sejumlah saksi terkait kasus suap jual beli jabatan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra. Pemeriksaan sejumlah saksi itu dilakukan di Mapolresta Cirebon, Jalan Veteran, Kota Cirebon.

Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) pejabat di lingkungan Pemkab Cirebon diperiksa terkait kasus Sunjaya. Proses pemeriksaan dilakukan di ruang Bhayangkari Polresta Cirebon sekitar 10.30 WIB. Jelang petang, KPK masih memeriksa sejumlah PNS dan pejabat di lingkungan Pemkab Cirebon.

Kapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldy membenarkan adanya pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadap sejumlah PNS dan pejabat Pemkab Cirebon. Namun, Roland mengaku tak mengetahui secara rinci soal pemeriksaan tersebut.

“Ya kemarin kami dapat surat dari KPK. Kami hanya menyediakan tempat untuk pemeriksaan, waktunya untuk satu minggu ke depan,” kata Roland kepada awak media di Mapolresta Cirebon, Senin (14/1/2019).

Salah seorang pejabat yang diperiksa KPK, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon Mochamad Syafrudin mengaku dicecar delapan pertanyaan terkait tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) Disdukcapil. “Selain soal tupoksi, ditanya juga soal identitas beliau (Sunjaya). Hanya sebatas itu. Tidak ada bahasan soal rekening-rekening,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cirebon Zaenal Abidin memilih irit bicara. Zaenal mengaku dicecar 12 pertanyaan oleh KPK. “Ya intinya soal klarifikasi saja. Ada 12 pertanyaan, katanya.

Rita Susana Supriyanti Camat Beber ketika dicegat saat akan meninggalkan tempat pemeriksaan hanya menjelaskan jika dirinya hanya datang memenuhi panggilan sejak pagi hari. Tapi enggan menjelaskan secara detail materi pemeriksaan. “Hanya klarifikasi saja,” ujarnya singkat.

Berdasar informasi yang diperoleh, ada sekitar 49 pejabat dan PNS Kabupaten Cirebon yang direncanakan akan menjalani pemeriksaan mulai 14 sampai 17 Januari 2019 secara estafet. Hanya saja, pada pemeriksaan hari pertama ada 16 pejabat yang mendatangi Polres Cirebon Kota untuk memenuhi panggilan penyidik KPK.

Beberapa pejabat yang terlihat yakni Sekda Kabupaten Cirebon Rahmad Sutrisno, mantan Sekda Kabupaten Cirebon Yayat Ruchiyat, Kepala BKD Supadi Supriatna, Deni Safrudin (ajudan Sunjaya), Wawan Setiawan Kepala BKAD, Rita Susana Supriyanti (Camat Beber), Mochamad Syafrudin (Kepala Disdukcapil). (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*