Home » Cirebon » Mau Tau Honor Linmas dalam Setahun, Begini Lengkapnya

Mau Tau Honor Linmas dalam Setahun, Begini Lengkapnya

CIREBON – Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) atau Hansip Desa di Kabupaten Cirebon masih tersisihkan dari segi honornya. Pasalnya informasi yang dihimpun, Anggota Linmas atau Hansip Desa pertahun hanya dianggarkan Rp. 5juta saja dari Anggaran Dana Desa (ADD).

Padahal, yang kita ketahui anggota linmas atau hansip desa ini adalah memiliki tugas yang diembannya sangat berat yaitu menjaga lingkungan di Desanya. Konon ada tambahan lagi tugas serta fungsinya. Yaitu pertama menjadi penangkal informasi hoax yang menyebar di desanya kedua petugas siaga bencana.

“Memang, kemampuan ADD tiap desa hanya Rp. 5juta saja. Itu dibagi rata tiap desa ada berapa anggota Linmasnya. Rata-rata tiap anggota linmas mendapatkan honor Rp. 350ribu/tahun,” kata Sisyanto Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat pada Satpol PP Kabupaten Cirebon, Rabu (16/1/2019).

Dikatakan Sisyanto, saat ini jumlah anggota linmas atau hansip desa se-Kabupaten Cirebon sebanyak 4.539 anggota. Dan 40 satgas atau korwil Kecamatan. “Honor korwil kecamatan itu dibedakan yakni kami anggarkan tiap bulan Rp. 150ribu. Kalau yang 4.539 anggota itu kewenangan Desa,” jelas Sisyanto.

Diakui Sisyanto, kepedulian bidang Linmas, pihaknya setiap tahun melakukan pelatihan-pelatihan untuk anggota linmas selama 8 kali. “Usai pelaksanaan Pileg dan Pilpres nanti, kita akan ajak teman-teman Linmas untuk refreshing. Dan sudah dianggarkan,” ujar Sisyanto.

Lebih lanjut disampaikan Sisyanto, untuk pelaksanaan Pileg dan Pilpres mendatang, Bidang Linmas mengajukan kepada KPU untuk menganggarkan seragam anggota linmas. Namun KPU Kabupaten Cirebon menolaknya. “Katanya sih tidak ada anggarannya. Jadi untuk Pileg dan Pilpres linmas tidak mendapatkan seragam baru,” terang Sisyanto. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.