Home » Cirebon » Dewan Dorong Disdukcapil Tambahin Stok Blanko e-KTP

Dewan Dorong Disdukcapil Tambahin Stok Blanko e-KTP

CIREBON – Sebentar lagi pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) calon presiden dan calon wakil presiden serta pemilihan calon legislatif baik DPRD tingkat Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD, dan DPR RI bakal di gelar 17 April 2019 mendatang.

Sedangkan, secara otomatis tiap daerah menginginkan target partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pastinya ingin partisipasi dalam hal peraihan suara pada Pemilu 2019 ingin perolehan setinggi-tingginya.

Salah satu syarat untuk bisa menentukan hak pilihnya pada pemilihan umum nanti masyarakat harus memiliki identitas diri seperti e-KTP. Namun yang sekarang dialami Kabupaten Cirebon saat ini ialah kesusahan untuk memiliki e-KTP.

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, H Mustofa SH mendesak kepada pemerintah daerah Kabupaten Cirebon khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk memenuhi permintaan masyarakat kaitan dengan penerbitan e-KTP. Sementara itu banyak keluhan dari masyarakat untuk mencetak e-KTP tergantung daripada blanko yang tersedia di Disdukcapil

“Jadi saya harapkan dan ini merupakan salah satu indikator untuk menaikkan perolehan partisipasi pemilih. Kepada Disdukcapil agar ketersediaan blanko di Kabupaten Cirebon itu bisa ditambah,” kata Mustofa kepada wartawan saat ditemui diruang Media Center DPRD Kabupaten Cirebon, Rabu (23/1/2019).

Diakuinya, saat ini masyarakat Kabupaten Cirebon sekarang sudah antusias untuk mendapatkan blanko e-KTP, supaya masyarakat ini bisa terdaftar sebagai pemilih di Pemilu 2019 yang akan datang.

“Kalau upaya masyarakat untuk terdaftar sebagai partisipasi pemilih, ternyata kendala mereka ini adalah tentang cetak e-KTP tetapi blanko tidak ada. Dan tentu ini akan mengurangi semangat mereka lagi menjadi sebagai daftar pemilih. Jadi pemerintah daerah khususnya Disdukcapil agar ketersediaan blanko itu ditambah,” tegasnya.

Apalagi informasi yang ia peroleh saat ini kemampuan Disdukcapil Kabupaten Cirebon Kalau dirata-ratakan perhari cuman cetak satu blanko e-KTP yang di terbitkan. “Mau target partisisapi naik, maka perlu ditingkatkan lagi dari segi pelayanannya. Intinya DPRD Kabupaten Cirebon dorong stok blanko e-KTP di perbanyak,” tandasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.