Home » Cirebon » Penuhi Nazar, “Kepala Puskesmas Paripurna” Jalan Kaki Dari Cibogo Ke Sumber

Penuhi Nazar, “Kepala Puskesmas Paripurna” Jalan Kaki Dari Cibogo Ke Sumber

PUSKESMAS Cibogo, Kec Waled, Kab Cirebon, kini tengah mendunia pasca meraih akreditasi “Paripurna” dari Kemenkes RI pekan lalu. Namun tak banyak yang tahu, jika dibalik torehan prestasi membanggakan itu, ada nazar yang terucap dari Kepala UPT Puskesmas Cibogo, H. Juju Juarsa, disamping kerja keras dari semua karyawan.

NAZAR – Kapus Cibogo, H. Juju Juarsa (kanan) ditemui rekannya saat menunaikan nazarnya.

Nazar yang Ia ucapkan jika meraih Paripurna atau Predikat Terbaik yakni akan berjalan kaki dari Puskesmas Cibogo ke Kantor Dinkes Kab Cirebon yang ada di Kec Sumber yang jaraknya sekitar 50 Km. Janji yang terucap di depan semua karyawan itu, ternyata benar-benar dilakukannya. Lalu bagaimana keseruan perjalanan nazar sang “Kapus Paripurna” ini?

Awalnya Juju enggan menceritakan soal nazarnya ini. Namun setelah dikabarkan bahwa sudah banyak pihak yang tahu, akhirnya Ia bersedia diwawancarai Jabar Publisher, Rabu (23/1/2019) sore. “Awalnya teman-teman pada tanya, kalau nanti dapat paripurna mau ngapain? Dan memang di Kab Cirebon ini kan belum ada yang meraih paripurna. Di sisi lain, dalam hati dan pikiran saya juga mengatakan, Puskesmas Cibogo tidak mungkin dapat paripurna. Awalnya hanya candaan biasa untuk memotivasi teman-teman,” ungkap Juju sambil menyebutkan bahwa dalam benaknya hanya akan meraih predikat “Madya” bukan “Paripurna”.

Waktu survey pun tiba di tanggal 18 – 20 Oktober 2018, dengan segudang ceritanya. “Survey oleh Tim dari Kemenkes RI selama 3 hari. Tidak pernah berpikir akan paripurna. Lalu pada tanggal 16 Januari 2019 ada kabar ternyata puskesmas kami meraih paripurna. Perasaan kaget, gak nyangka, bangga, takut tidak bisa mempertahankan dan sebagainya, campur aduk jadi satu. Ini bener nggak sih dapat Paripurna,” terang Juju yang saat itu masih tak percaya.

Kemudian, keraguan itu terjawab dengan munculnya data tertulis dari Kemenkes RI yang diinfokan langsung oleh Pembimbing Akreditasi. Dan akhirnya nazar pun siap Ia laksanakan. “Saya bicara ke teman-teman, saya akan jalankan nazar ini secara bertahap, tidak dalam 1 hari selesai. Saya akan jalan kaki, tapi tidak minta ditemani. Bukan apa-apa karena ini nazar saya sendiri. Lebih baik tidak usah banyak orang yang tahu, gak mau dibilang pamer atau apa. Dan sebelum melakukan nazar saya juga meminta izin istri dulu,” jelas Juju.

Rute perjalanan di hari pertama pun dimulai dengan titik start dari Puskesmas Cibogo sampai Karangsembung. “Terus terang di hari pertama ini sangat berat karena saya belum terlatih untuk berjalan jauh, baru beberapa kilo kaki sudah berat. Di hari berikutnya saya tetap lanjutkan perjalanan dengan riang gembira. Saya yakini ini bukan beban,” tandas Juju.

Hari kedua, pijakan kaki Kapus Cibogo itu sudah sampai di Desa Waruduwur dekat warung es kelapa muda. Selanjutnya di hari ketiga Kapus Paripurna tersebut tiba di Kalitanjung (Kota Cirebon). Hari berikutnya (hari keempat) perjalanan Ia lanjutkan dari Kalitanjung menuju Puskesmas Kesenden. “Saat tiba di Kec Talun, Rabu siang, saya disambut rekan saya yang kebetulan tinggal di sana, dan menemani langkah saya menuju Pemkab Cirebon di hari kelima ini,” imbuhnya.

Bahkan, rekan Juju tersebut sempat merekam video menggunakan tongsis sambil berjalan kaki. Dalam beberapa saat video nazar Kepala Puskesmas Cibogo berdurasi 2 menitan itu menjadi viral di medsos, group whatsapp dan lainnya.

“Suka dukanya, saya sempat ditawari sama tukang ojek agar naik tumpangannya. Saya bilang gak usah, karena saya lagi olahraga, tapi mereka gak percaya, mungkin karena badan saya gemuk. Sempat juga tangan saya keserempet stir sepeda motor di depan SMA tapi tidak sampai luka. Pada prinsipnya, semuanya menyenangkan, gak ada beban bagi saya,” pungkas Juju penuh motivasi. Direncanakan, Kapus Cibogo akan tiba di Kantor Dinkes Kab Cirebon pada Kamis (23/1/2019) atau tepatnya di hari terakhir perjalanan nazar sang Kapus Paripurna ini. (jay)

TUNTAS – Kapus Cibogo tiba di Kantor Dinkes Kab Cirebon disambut sejumlah karyawan Puskesmas dan Dinkes, Kamis (24/1/2019). Foto itu sebagai bukti bahwa nazar yang Ia ucapkan sudah tuntas dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.