Home » Bandung » Familly Gathering Puskesmas Cibogo Super Meriah
Gathering Puskesmas Cibogo ke Bandung

Familly Gathering Puskesmas Cibogo Super Meriah

CIREBON – Pasca meraih predikat “Paripurna” dari Kemenkes RI, Puskesmas Cibogo menggelar familly gathering ke Ciwidey – Bandung, Minggu (3/2/2019). Gathering bertajuk “Penggalangan Komitmen Bersama UPTD Puskesmas Cibogo, Kabupaten Cirebon” ini, diikuti oleh hampir semua karyawan dengan dipimpin langsung Kepala Puskesmas Cibogo H. Juju Juarsa.

GATHERING – Rombongan Puskesmas Cibogo saat beroto bersama di Kawah Putih Ciwidey – Bandung. Tampak juga dalam foto para pembimbing akreditasi.

Perjalanan dimulai pada Minggu dini hari diawali doa bersama. Dengan menempuh Tol Cipali, rombongan pun tiba di RM Emte Highland Resort – Ciwidey sekitar pukul 07:00. Usai sarapan pagi, rombongan Puskesmas Cibogo langsung menuju ke lokasi pertama yakni kolam air panas Ciwalini. Jabar Publisher (JP) yang juga turut bergabung dalam gathering itu menyaksikan langsung keakraban yang terjalin antar karyawan di Puskesmas Cibogo. Di tengah kolam, mereka tampak asyik bermain air lengkap dengan game-game seru yang mempererat kebersamaan.

Sekitar pukul 11.00 gathering atau jalan-jalan dilanjutkan ke Glamping Lakeside Rancabali dengan suguhan panorama alam berupa kebun teh yang menakjubkan. Dalam perjalanan yang berlangsung selama 20 menit dari kolam renang itu, mereka tampak bersemangat menyanyikan lagu Mars Puskesmas Cibogo yang liriknya kental dengan peningkatan mutu dan kualitas layanan. Seru abis!

Tiba di sana, rombongan yang sudah berseragam kaos Puskesmas Cibogo berwarna biru cerah itu, langsung berfoto dengan background perahu kayu raksasa dan danau yang indah. Keseruan berlanjut dengan menikmati spot-spot keren di sana. Bahkan tak sedikit karyawan yang juga berkeliling danau menggunakan perahu.

BATU CINTA – Beberapa karyawan Puskesmas Cibogo berfose di depan Batu Cinta di Glamping Lakeside.

Hari mulai beranjak sore, rombongan dipandu Tim “Belawa Travel” bergeser menuju Kawah Putih. Di perjalanan, para karyawan berkaraoke riang sambil berjoged. Bahkan beberapa kali Kepala Puskesmas merogoh kantongnya untuk ‘nyawer’. Kontan saja, histeria di dalam bus nyaris tak pernah surut. Tiba di halaman parkir, para peserta gathering langsung naik menuju kawah putih mengendarai Kontang Kanting (angkot yang dirombak menjadi mobil ala off road).

KONTANG KANTING – Transportasi khusus inilah yang digunakan para peserta gathering menuju kawah putih.

Sesampainya di lokasi Kawah Putih, para karyawan langsung mengenakan masker yang dibawa dari Puskesmas. Tujuannya agar tidak pusing atau mual saat mencium bau belerang. Asyik, seru, meriah, namun tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan, hebat kan! Di objek wisata ini mereka banyak mengabadikan foto bersama juga berselfie ria dengan latar kawah yang mendunia itu.

Dalam perjalanan kembali menuju bus, hujan turun cukup deras. Namun mereka masih tampak bersemangat, apalagi lokasi terakhir yang bakal dituju adalah kawasan belanja Cibaduyut – Kota Bandung. Shoping dan berburu oleh-oleh menjadi suguhan terakhir rangkaian Gathering sebelum kembali pulang ke Cirebon. Rombongan tiba dengan selamat di Puskesmas Cibogo tepat tengah malam, setelah seharian menjelajah Bandung bagian Selatan.

MERIAH – Kemeriahan di dalam bus wisata Puskesmas Cibogo. Tampak peserta gathering berjoged gembira.

Kepala Puskesmas Cibogo: Jaga Terus Kekompakan!

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Cibogo H. Juju Juarsa, Senin (4/1/2019) mengatakan, tujuan familly gathering tersebut digelar guna menjaga kekompakan dan meningkatkan komitmen. “Alhamdulillah, setelah penetapan hasil akreditasi kami dapat melaksanakan familly gathering. Tujuannya untuk menjaga kekompakan yang telah terbina dan mengingatkan komitmen terhadap mutu pelayanan. Karena penetapan hasil akreditasi bukanlah akhir, melainkan momentum awal untuk meningkatkan mutu pelayanan,” katanya.

Orang nomor satu di Puskesmas Cibogo ini kembali menekankan kepada jajarannya bahwa mutu pelayanan harus terus ditingkatkan sesuai dengan harapan masyarakat. “Karena kepuasan dari (masyarakat) pengguna layanan puskesmas itulah yang kami harapkan,” tandasnya.

Ditanya mengenai kekompakan yang terjalin di tubuh Puskesmas Cibogo, Juju menjelaskan bahwa kekompakan yang terjalin akan berbanding lurus dengan output yakni pelayanan. “Kekompakan dari semua Pokja baik Admen, UKM maupun UKP terus terjaga. Meski berbeda tugasnya, kami saling berkaitan, saling menguatkan, demi tercapainya peningkatan mutu pelayanan di Puskesmas Cibogo,” terangnya.

Di akhir wawancara, Juju mengulas sebuah filosofi tentang pentingnya kebersamaan di dalam organisasi atau institusi. “Ibarat organ tubuh yang mempunyai tugas berbeda tetapi punya tujuan yang sama, saling berkoordinasi dan mensupport satu sama lain. Tidak ada yang terpenting, karena semuanya penting. Itulah yang akan terus kami galakan untuk mempertahankan akreditasi Paripurna ini, sambil tentunya terus membenahi diri menjadi lebih baik,” tandasnya. (jay)

GABUNG – Dalam acara familly gathering, Tim JP juga turut berbaur bersama karyawan Puskesmas Cibogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.