Home » Cirebon » PMI Kabupaten Cirebon Resmi Dilantik, Pemkab Cirebon Siap Support

PMI Kabupaten Cirebon Resmi Dilantik, Pemkab Cirebon Siap Support

CIREBON – Ketua beserta pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon periode 2018-2023 resmi di lantik Ketua PMI Provinsi Jawa Barat, Irjen Pol (Purn) Adang Rochjana, di ruang Nyimas Gandasari sekretariat daerah Kabupaten Cirebon, Rabu (6/2/2019).

Ketua PMI Jawa Barat menyematkan Pin kepada Ketua PMI Kabupaten Cirebon disaksikan Pj Bupati Cirebon

Prosesi pelantian tersebut disaksikan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Dicky Saromi, unsur Forkopimda dan Ketua-ketua PMI Kecamatan se-Kabupaten Cirebon serta undangan lainnya.

Ketua PMI Jawa Barat, Adang Rochjana menuturkan PMI itu baru dinilai berhasil jika masyarakatnya bisa dibantu, kesulitan mereka bisa dibantu. Pemerintah daerah (Pemda) juga bukan untuk pemda sendiri, itu semua untuk masyarakat. Sehingga masyarakat bisa merasakan kehadiran PMI dan Pemerintah jangan sampai hanya pelengkap saja dan pemerintah tidak dirasakan manfaatnya.

“Saya sudah bicara dengan PJ Bupati dan DPRD alhamdulilah mereka mensuport semua,” kata Adang Rochjana kepada wartawan usai pelaksanaan pelantikan.

Dikatakannya, Pemda telah melanggar Undang-undang, karena disitu dinyatakan penyelenggara kepalang merahan berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 2018 adalah pemerintah daerah dan PMI. “Bagaimana PMI bisa berjalan, yang namanya profesional itu kan man money material methode, kalau money tidak ada bagaimaan bisa bekerja,” ungkapnya.

Karena itu tanggung jawab Pemda untuk melindungi kegiatan Palang Merah, bukan melindungi organisasinya tapi melindungi hasil kerjanya supaya PMI bisa membantu masyarakat. “Kemugkinan soal kami meminta fasilitas akan diajukan dalam APBD Perubahan,” katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Hj Rd Sri Heviyana usai dilantik mengungkapkan pihaknya sudah mempersiapkan program untuk kedepan. Bahkan dengan pelantikan ini lebih memiliki semangat, baik dari para pengurus serta Ketua-ketua PMI Kecamatan untuk bagaimana mengembangkan PMI kedepan lebih baik lagi.

“Program tersebut ialah dengan bagaimana pelatihan penanggulangan bencana, pelatihan SDM. Termasuk masalah sosialisai mengenai K3 untuk lingkungannya dan mengenai masalah donor darah. PMI Kecamatan sudah berkomitmen dan siap untuk selalu meningkatkan akan donor,” kata Heviyana.

Pihaknya merasa bersyukur apa yang ia sampaikan kedepan untuk mem’back up roda organisasi PMI Kabupaten Cirebon dan janjinya Pj Bupati itu siap untuk dialokasikan. “Alhamdulillah saya berterima kasih dan bersyukur Pak Pj Bupati benar-benar mensupport sekali dengan PMI Kabupaten Cirebon,” tandasnya.

Dilokasi yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon sekaligus Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Cirebon, H Mustofa SH mengatakan tahun-tahun lalu pemerintah daerah Kabupaten Cirebon tidak mensupport. Tetapi saat ini Pj Bupati Cirebon telah mensupportnya.

“Apalagi sekarang saya masuk di dalam struktural PMI. Pak Pj saja mensupport masa kami DPRD tidak. Apalagi saat ini pas momentnya lagi pembahasan anggaran. Minimal di Perubahan 2019 kalau tidak di anggaran 2020,” katanya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.