Home » Cirebon » PMI Kab. Cirebon Berikan Reward untuk Para Pendonor

PMI Kab. Cirebon Berikan Reward untuk Para Pendonor

CIREBON – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon memberikan penghargaan atau reward kepada pendonor darah di wilayahnya, di Markas PMI Kabupaten Cirebon, Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, Kamis (7/2/2019).

Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Hj Rd Sri Heviyana mengaku sudah rutin ia lakukan pemberian reward kepada pendonor darah. Kali ini ada beberapa kategori yang diberikan penghargaan. “Alhamdulillah telah rutin kita lakukan hal semacam ini. Kali ini yang diberikan penghargaan diantaranya sudah melakukan donor 10, 25, 50 kali donor bahkan ada yang sudah diangka 78 kali melakukan donor darah,” kata Heviyana.

Dikatakan Heviyana, ini adalah salah satu bentuk kepedulian masyarakat Kabupaten Cirebon demi setetes darah untuk kemanusiaan. “PMI mengucapkan banyak terimakasih, karena tanpa ada mereka PMI tidak akan ada ceritanya. Mudah-mudahan yang sudah mencapai 78 bisa mencapai 100 kali. Dan yang belum donor maka bisa segera mendonorkan darahnya,” ujar Heviyana.

Sementara itu, Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat, dr Linda Lukitari Waseso menjelaskan untuk penghargaan bagi pahlawan kemanusiaan pendonor darah ini ada keputusan presidennya. Dan Pemerintah berhak memberikan penghargaan kepada pahlawan kemanusiaan ini.

“Namanya Tanda kehormatan Satya Lencana Kebaktian Sosial. Kenapa harus diberikan karena darah itu mencari pabriknya dimana? Bayangkan kalau tidak ada relawan atau sukarelawan darah itu ga ada karena ketahanan negara itu ada pada diri kita. Makanya perlu dilestarikan dan unfuk melestarikan itu semua maka donornya harus reguler harus sukarelawan tidak boleh dibayar,” katanya.

Diakuinya dalam 10 tahun terakhir ini peningkatannya cukup besar. Karena Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla sangat antusias dan mengatakan dengan berdonor itu sebagai gaya hidup maka kalau gak donor gak keren. “Makanya ayo kita donor darah. Karena mendonorkan satu kantong darah bisa membantu 2-3 orang,” tandasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.