Home » Cirebon » Gandeng Cirebon Power, Ibu Kapolda Jabar Launching TBA Pesisir Cirebon

Gandeng Cirebon Power, Ibu Kapolda Jabar Launching TBA Pesisir Cirebon

 

CIREBON – Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) Polda Jabar, Winny Agung Budi Maryoto, meluncurkan program Taman Bacaan Anak (TBA) Pesisir, di Desa Bandengan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, Jumat 8 Februari 2019.

RESMIKAN – Yusuf Arianto selaku Sr Coorporate Affairs Manager Cirebon Power saat meresmikan TBA Cirebon.

Winny menuturkan, berdirinya TBA ini merupakan andil dari banyak pihak. ia berterima kasih kepada Polairud Polda Jabar, Cirebon Power dan masyarakat yang menghibahkan tanahnya untuk pendirian TBA ini.

Ia mengaku tergerak dan merasa ikut memiliki tanggungjawab, saat dirinya mendapatkan informasi mengenai adanya TBA Pesisir yang dikelola bersama oleh Polairud Polda Jabar, Cirebon Power dan masyarakat. Karena saat itu, Yayasan Kemala Bhayangkari belum ikut terlibat di dalamnya. “Sehingga kami merasa terpanggil untuk ikut terlibat dalam mengembangkan TBA ini,” ujar Winny.

Winny menganggap, Taman Bacaan Anak (TBA) Pesisir Cirebon yang berada di Desa Bandengan Kecamatan Mundu, merupakan TBA yang istimewa. Ia mengatakan, YKB sudah mendirikan sejumlah taman bacaan di Jawa Barat, namun mayoritas berada di sekolahan. Namun TBA Pesisir ini berada di lingkungan masyarakat, terutama masyarakat pesisir. “Sehingga terasa lebih istimewa,” ujar Winny.

Dalam kesempatan tersebut, Winny juga meminta kepada pengurus, untuk membuka seluas-luasnya kegiatan yang bisa dilakukan didalam TBA tersebut. Bahkan Winny mengatakan, jika TBA ini akan digunakan juga sebagai tempat belajar mengaji, ia pun mempersiapkannya. “Kalau mau digunakan belajar mengaji di TBA ini, saya persilakan,” ujar Winny.

Winny juga berpesan kepada seluruh anak-anak yang hadir dalam kesempatan tersebut, bahwa TBA ini bukanlah milik Polairud ataupun Cirebon Power. Melainkan, TBA ini adalah milik kita semua. Sehingga, ia meminta kepada anak-anak yang sering datang ke TBA, untuk menjaga TBA ini secara bersama sama. “Terutama jaga kebersihannya. Jangan sampai kotor, “kata Winny.

Ia juga menambahkan, bahwa pihaknya siap untuk mengembangkan TBA ini menjadi lebih baik. Untuk saat ini, sejumlah fasilitas sudah tersedia di TBA Pesisir Cirebon, seperti akses internet, koleksi buku dan lainnya. “Sehingga nantinya TBA ini bisa menjadi lebih aktif lagi,” kata Winny.

Yusuf Arianto, Senior Manager Corporate Affairs Cirebon Power mengatakan, ia mengaku terkejut dengan respon anak-anak yang datang ke TBA ini. Karena jumlah yang mengakses TBA ini, jauh dari perkiraan sebelumnya.

Menurutnya, setiap harinya TBA ini dikunjungi leboh dari 30 anak-anak. Yang lebih menggembirakan lagi, setiap hari Sabtu, peminatnya membludak hingga 150 anak yang datang ke TBA untuk membaca buku dan memanfaatkan fasilitas yang ada.

Tingginya animo anak datang ke TBA, karena relawan dan komunitas Gelem Maca yang terlibat dalam TBA ini, melakukan sejumlah kegiatan di luar membaca. Anak-anak yang membaca buku di TBA ini, nantinya diarahkan untuk menceritakan ulang bacaannya, berdiskusi, meringkas buku dalam jurnal dan ada juga story telling.

“Sehingga itu yang membuat anak-anak betah berkunjung ke TBA Pesisir ini,” kata Yusuf.

Sekar Lina, siswi kelas 6 Madrasah Wathoniyah Waruduwur ini, mengaku senang berkunjung ke TBA. Sekar menceritakan, dalam seminggu ia tiga kali berkunjung ke TBA ini. Karena lokasinya jauh, Sekar mendatangi TBA dengan menggunakan odong-odong.

“Bayarnya Rp3000 bolak balik,” ujar Sekar. Sekar mengaku senang berada di TBA, karena banyak koleksi buku yang bisa dia baca. Selain itu, di TBA juga ia bisa mendapatkan banyak teman dari sekolah lainnya.

“Senang, banyak teman dan banyak buku. Seminggu tiga kali pasti kesini (TBA),” ujar Sekar. Ketua Relawan TBA Pesisir Cirebon, M. Harun, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah membantu TBA Pesisir Cirebon.

Harun mengatakan, pihaknya mendapatkan bantuan laptop dan sejumlah koleksi buku bacaan dari Ibu Kapolda Jabar. Selain itu, sebanyak 150 bingkisan juga diberikan kepada anak-anak yang rutin datang ke TBA Pesisir Cirebon. “Relawan juga mendapatkan bingkisan dari Ibu Kapolda,” ujar Harun.

Ia menuturkan, sejumlah fasilitas sudah tersedia di TBA Pesisir Cirebon, sehingga memberikan kenyamanan kepada anak-anak yang membacanya.

Ia menyebutkan, TBA Pesisir Cirebon saat ini sudah memiliki sekitar 1.000 judul buku bacaan. Selain itu, ada akses internet dan ruangan yang nyaman.

“Karena ruangannya juga ada pendingin ruangannya,” ujar Harun. Ia berharap, TBA ini bisa lebih baik dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, untuk meningkatkan pengetahuannya. (rls/crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.