Home » Bandung » Lewat Lokakarya, Gakkum DAS Citarum Siap Realisaskan Rencana Aksi

Lewat Lokakarya, Gakkum DAS Citarum Siap Realisaskan Rencana Aksi

BANDUNG – Dalam Lokakarya Penguatan Kordinasi Penegakan Hukum di DAS Citarum, Asisten Deputi Pendidikan dan Pelatihan Maritim, Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim, Kemenko Maritim, Dr Tubagus Haeru Rahayu meminta kepada media untuk ikut mendorong Dansatgas Citarum segera membuat rencana aksi sebagai pedoman dan panduan dalam mengimplementasikan amanah Perpres No 15 Tahun 2018.

“Media juga ikut bantu dorong Dansatgas, contoh umpama, masih belum ada rencana aksi, padahal itu amanat, bagaimana nanti kementerian dan lembaga yang ada sembilan belas itu bisa berkontribusi kalo panduan dan pedoman rujukannya belum ada,” kata Tb Haeru Rahayu, di sela kegiatan Lokakarya Penguatan Koordinasi Penegakan Hukum di DAS Citarum, di El Royale Hotel, Jalan Merdeka, Bandung, Kamis (14/2/2019).

Dirinya menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari workshop awal tahun ini, “banyak akselerasi positif yang sudah dilakukan dilapangan, tetapi nampaknya kami melihat koordinasi di bidang penegakan hukum ini masih jauh dari yang kita harapkan,” ujarnya.

Kemenko Kemaritiman, kata Tb Haeru, hanya sebagai dewan pengarah bukan sebagai pelaku teknis, “sekarang kan sudah ada Dansatgas yakni gubernur, kalo tahun lalu kita (Kemenko Maritim) masih banyak masuk ke teknis, kenapa?, karena waktu itu kan gubernur sebelumnya sudah dipenghujung jadi gak berani bikin kebijakan, lalu penggantinya Plt hanya dua atau tiga bulan menjabat,” tuturnya.

“Kalo sekarang sudah (gubernur) definitif, pak menko bilang kita kasih kesempatan pak RK (Ridwan Kamil-red) untuk melakukan satu inovasi dan kerja konkrit di lapangan,” ungkapnya.

Tetapi, lanjut Tb Haeru, kami akan cukup optimis, Dansatgas sudah menyampaikan kepada kami untuk diberikan kesempatan, apa yang akan lakukan, dengan menata ulang, salahsatunya Dansatgas akan membuat citarum expo pada 19-20 Februari, disitulah akan dijadikan entry point untuk menata ulang program kegiatan.

“Makanya kami masih positif thinking-lah dengan memberi kesempatan, disitu (Citarum Expo) nanti akan ada program yang oke akan ditandai untuk dilanjutkan, yang tidak oke kita akan tanya, yang belum oke kita coba (perbaikan), kemudian ada (program) yang baru mau datang ya silahkan, ini nanti akan dijadikan dasarnya oleh Dansatgas,” harapnya.

“Jadi mohon temen temen media hadir disana (Citarum Expo), doronglah Dansatgas, bukan hanya euforia-nya saja tetapi gagasan konkrit nya harus ada supaya jadi pedoman,” pungkasnya. (red/jp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.