Home » Cirebon » Bappelitbangda Sedang Maksimalkan CSR untuk Bangun Daerah

Bappelitbangda Sedang Maksimalkan CSR untuk Bangun Daerah

CIREBON – Pembangunan Daerah bukan hanya mengandalkan dari anggaran pemerintah saja melainkan pembangunan daerah itu bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan dan Sosial Budaya pada Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Cirebon, Agung Gumilang menururkan pihaknya saat ini masih melakukan rapat-rapat dengan forum Corporate Social Responsibility (CSR) untuk memaksimalkan angka kontribusi pembangunan terhadap daerah.

“Kendala kita memang di Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 76 Tahun 2017 tentang Kemitraan dan Bina Lingkungan. Dan Perbup itu baru di tahun 2017 kemarin. Tetapi mungkin teman-teman perusahaan sudah berkontribusi melalui CSRnya dan sudah melakukan dukungan pembangunan. Hanya saja karena belum terdokumentasikan maka kita belum bisa menghimpun data itu,” kata Agung Gumilang kepada wartawan, Selasa (19/2/2019).

Dikatakan Agung, yang sudah mendapatkan penghargaan dari pemerintah Kabupaten Cirebon terhadap pembangunan itu sebanyak 50 persen lebih perusahaan yang ada di wilayahnya dan sisanya tetap ia dorong untuk ikut kontribusi terhadap pembangunan Kabupaten Cirebon.

“Perusahaan besar pada umumnya sudah ya. Nah kalau Alfa dan Indomart ada sebagian yang sudah ikut. Dan masih juga banyak yang belum,” ujarnya.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, secara aturan perusahaan itu memiliki kewajiban 5-10 persen dari sisa hasil keuntungan untuk mengalokasikan pembangunan yang di danai yang dituangkan dalam bentuk CSR. “Semua sudah berjalan, cuman hanya dokumentasinya saja yang belum kita tertibkan,” imbuhnya.

Saat disinggung setiap tahun berapa besaran nilai angka kontribusi dari seluruh perusahaan, diakui Agung pihaknya baru melakukan uji coba saat ini dan angka itu belum bisa disampaikan, karena baru melakukan pendokumentasian sejak tahun sekarang ini.

“Apalagi tahun sebelumnya, tahun sekarang saja belum kita organisisir, tetapi sudah ada yang berjalan kontribusi pembangunan melalui dana CSR itu,” tandasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.