Home » Cirebon » Satpol PP Latih Anggota Linmas, Persiapan Pileg dan Pilpres serta Pilwu Serentak

Satpol PP Latih Anggota Linmas, Persiapan Pileg dan Pilpres serta Pilwu Serentak

CIREBON – Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cirebon mengadakan pelatihan bagi anggota Linmas menjadi satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) selama dua hari, di halaman Mako Satpol PP Kabupaten Cirebon, Rabu (20/2/2019).

Kepala Bidang Linmas pada Satpol PP Kabupaten Cirebon, Sisyanto mengatakan pihaknya melakukan pelatihan pembentukan satlinmas tingkat Kecamatan selama dua hari. Mulai hari ini dan besok. “Kita melibatkan Satbinmas Polres Cirebon untuk membimbingnya. Hari ini dan besok hanya 50 anggota linmas dari lima Kecamatan terdekat, yaitu Kecamatan Talun, Sumber, Beber, Weru, dan Klangenan,” kata Sisyanto.

Tujuan pelatihan ini ialah untuk menjaga dan menegakkan NKRI, UU 1945, Pancasila, persiapan pelaksanaan Pileg dan Pilpres serta Pilwu serentak. “Kita didik anggota linmas ini menjadi tenaga ketertiban dan keamanan di lingkungannya,” kata Sisyanto.

Diakuinya, pada tahun 2018 kemarin sudah melaksanakan hal semacam ini. Targetnya semua anggota linmas mendapatkan pelatihan, tapi terbentur anggaran. Dan semuanya pasti akan ikut pelatihan seperti ini. “Di tahun 2019 ini juga kami ada delapan program berkaitan dengan Linmas, yang pertama peningkatan kapasitas satlinmas, pembentukan dan pelatihan satlinmas, peningkatan siskamswakarsa, dan lainnya,” ungkapnya.

Dikatakan Sisyanto, minggu depan juga pihaknya akan melanjutkan kegiatan berkenaan dengan linmas yaitu lomba peraturan baris berbaris (PBB). “Pelaksanaannya tanggal 26-27. Untuk seluruh linmas se-Kabupaten Cirebon. Perkecamatan maksimal 12 orang dalam satu regu 10 orang. Jurinya dari Polres dan Kodim. Kegiatan tersebut juga sekaligus memperingati HUT Satpol PP, Damkar, dan Linmas,” tandasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.