Home » Cirebon » Soal Gapura Selamat Datang Kota Sumber, Begini Kata Kadisbudparpora

Soal Gapura Selamat Datang Kota Sumber, Begini Kata Kadisbudparpora

CIREBON – Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, Hartono angkat bicara bahwa gapura selamat datang Kota Sumber itu tidak sesuai dengan spek baik dari estetika juga sudah menggangu hak bagi pejalan kaki. Jadi menurutnya gapura tersebut harus dibongkar ataupun dipindahkan.

“Kalau gapura khas Kabupaten Cirebon itu kan jenis ‘bentar‘ dan sampingnya memiliki gelungan bukan gapura bentar kayak jaman majapahit, jadi tidak ada khas Cirebon yang ditonjolkan,” kata Kadisbudparpora, Hartono kepada wartawan, Rabu (20/2/2019).

Selayaknya, menurut Hartono, gapura selamat datang Kota Sumber itu diperbaiki dari sisi letaknya dan juga sisi artistiknya. “Benar, gapura itu sudah makan trotoar, seharusnya diperbaiki dan ini pastinya membutuhkan biaya yang ektra, kenapa? harus membebaskan lahan sekitarnya,” kata Hartono.

“Menurut hemat kami, itu dipindahkan saja, dan sudah cukup dengan gapura di pintu masuk perkantoran, jadi menurut saya cukup itu saja,” imbuh Hartono.

Lebih lanjut Hartono mengatakan, gapura selamat datang Kota Sumber itu memang milik pemerintah daerah. Lebih tepatnya PUPR. Namun pihaknya tidak tau persis kronologis pembangunan gapura kala itu. “Yang jelas dari segi estetika budaya itu harus di perbaharui posisinya,” tandasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.