Home » Cirebon » Begini Pesan Pj Bupati Cirebon kepada Plt Kadis LH

Begini Pesan Pj Bupati Cirebon kepada Plt Kadis LH

CIREBON – Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Dicky Saromi memberikan mandat kepada Sugeng Raharjo sebagai pelaksana tugas (Plt) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon.

“Saya sudah menandatangani SK penunjukan kepada Pak Sugeng Raharjo Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan untuk menjadi Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, karena Kepala Dinas yang lalu mengalami purna bakti pada tanggal 1 Maret ini,” kata Dicky Saromi, Jum’at (1/3/2019).

Kepada Plt DLH, Dicky menitipkan pesan Dinas Lingkungan Hidup ini adalah dinas yang sangat kompleks. Baik soal sampah, pertamanan dan pengendalian pencemaran lingkungan. “Jadi tidaklah hanya untuk lingkungan hidup secara umum tetapi pak Sugeng ini saya minta fokuskan untuk menangani soal sampah,” kata dia.

Dikatakan Dicky, soal sampah ini bukan hanya di TPA saja, melainkan jenjangnya mulai dari hulu tengah dan hilir. “TPA sudah pasti kita butuh, jadi tidak hanya memaksimalkan TPA Gunung Santri saja tetapi kita akan mencari TPA yang akan digunakan kedepan untuk dijadikan TPA yang permanen,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Dicky, yang tengah tentunya ritasi. Pastinya menyangkut operasionalisasi kendaraan sampah. Sedangkan hulunya pihaknya berpesan bagaimana caranya untuk mengurangi timbulan-timbulan sampah. “Kita sudah memiliki incinerator sebanyak 21. Apakah alat ini berfungsi atau tidak, ataukah kita perlu tambah atau tidak, kemudian masyarakat yang sudah melaksanakan 3R (Reduce, Reuse dan Resycle),” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Dicky, karena saat ini soal sampah baru 5 persen yang bisa tertangani dari produksi sampah perhari 1000 ton. “Jadi oleh karena itu sisanya adalah dicarikan solusi lain. Ini yang harus difokuskan pada Plt Dinas Lingkungan Hidup. Program ini nantinya sampai ada pejabat definitif,” pungkasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.