Home » Cirebon » Jangan Abaikan Peran Perempuan Pada Pemilu 2019

Jangan Abaikan Peran Perempuan Pada Pemilu 2019

CIREBON – Demi menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang jujur, bersih dan berintegritas, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon menggelar kegiatan sosialisasi pengawas pemilu partisipatif bagi kaum perempuan dalam rangka Pemilu 2019, disalah satu hotel di wilayah Kedawung, Kabupaten Cirebon, Sabtu (2/3/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir mengatakan pihaknya sengaja mengajak kepada aktivis perempuan ini untuk menjadi pengawas partisipatif. Intinya adalah memberikan edukasi tentang kepemiluan juga tentu mengajak mereka untuk menjadi pengawas yang aktif.

“Untuk menjadi pengawas partisipatif, artinya para aktivis perempuan ini bisa menjadi pelapor pada setiap dugaan pelanggaran yang mungkin saja terjadi. Karena kita ketahui peran seorang perempuan ini dalam demokrasi maupun perhelatan perpolitikan di Pemilu 2019 ini menjadi sangat urgent dan sangat menentukan juga.

“Jadi jangan diabakan peran perempuan ini. Salah satunya karena selisih pemilih perempuan maupun laki-laki perbedaannya sangat sedikit yaitu hanya 5 persen saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Kordiv Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Lolly Suhenti menuturkan, perempuan tidak boleh ditinggalkan dalam proses demokrasi ini. Mulai hari ini peran perempuan ini menjadi kelompok penting untuk bisa terlibat secara maksimal dalam melakukan pengawasan partisipatif.

“Pada konteks Bawaslu dan seluruh pihak termasuk perempuan itu sangat strategis untuk melakukan pengawasan partisipatif bersama-sama untuk memastikan Pemilu tahun 2019 itu berjalan baik, bersih dan berintegritas,” kata Lolly.

Dikatakan, dalam sosialisasi ini pihaknya menekankan beberapa hal, tentunya informasi atau pengetahuan tentang pemilu 2019. Karena lanjut dia, secara regulasi berbeda dengan pemilu sebelumnya.

“Yang kedua terkait substansi demokrasi perempuan penting terlibat di dalamnya baik sebagai pemilih aktif atau sebagai element partisipasi aktif. Dan mulai hari ini pun sudah harus terlibat, seperti contohnya melakukan pengawasan aktif berjalannya masa kampanye yang sedang berlangsung,” tandasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.