Home » Cirebon » Gardu Induk PLN 150 Kv Bakal Dibangun Di Desa Kalimaro

Gardu Induk PLN 150 Kv Bakal Dibangun Di Desa Kalimaro

CIREBON – Perusahaan Listrik Negara (PLN) tengah melakukan pembangunan Gardu Induk berkapasitas 150 kV di Desa Kalimaro, Kec Gebang, Kab Cirebon, pada tahun 2019 ini.

Awalnya banyak warga yang bertanya, di Desa Kalimaro ada sebidang tanah seluas 2 hektar yang sudah dikelilingi pagar dan diberi plang bertuliskan tanah milik PLN. Di sana juga ada sebuah eksavator dan beberapa pekerja. Sebagian besar masyarakat bertanya, akan dibangun apakah di sana?

WAWANCARA – Kuwu Kalimaro H. Sukardi saat diwawancarai Wartawan JP pekan lalu.

Guna menuntaskan rasa penasaran pembaca dan masyarakat, Jabar Publisher pun melakukan penelusuran terkait proyek tersebut.

Manager PLN Rayon Ciledug, Hasan, melalui Febri, selaku Tim Teknis PLN Rayon Ciledug saat dikonfirmasi baru baru ini mengatakan bahwa, informasinya di sana akan dibangun Gardu Induk (GI).

“Informasi yang kami terima di sana akan dibangun GI. Mirip dengan GI Babakan, tapi kapasitasnya 150 kV, kalau GI Babakan itu kan cuma 70 kV,” ungkapnya. Ditanya apakah pembangunan GI di Desa Kalimaro guna mensupport pasokan listrik kawasan industri di Cirebon Timur, Ia menampiknya.

“Tidak ada peruntukan khusus untuk industri, jadi campur-campur saja dengan rumah tangga. Kondisi sekarang kan sudah overload, kalau ada yang pasang baru kita gak bisa melayani, makanya dibangunlah GI baru,” terangnya.

Kepada JP, Febry menjelaskan bahwa di PLN ada sejumlah bidang yang mengurusi masalah kelistrikan yakni bagian proyek, transmisi, distribusi, dan pelayanan. “Kalau kita yang melayani pelanggan dengan kapasitas kecil. Kalau kaitan pembangunan GI, bisa langsung ditanyakan ke Kantor PLN yang di Suyaragi, di sana ada kantor proyek dan transmisi,” terangnya.

Sedangkan saat JP hendak mengkonfirmasikan hal ini ke Humas PLN Area Cirebon Amir Mahmud, yang bersangkutan sedang tidak berada di kantornya. Di Kantor yang ada di Jalan Tuparev Kota Cirebon tersebut juga sedang ada acara RAT Koperasi.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Kuwu Kalimaro H. Sukardi menyambut baik adanya pembangunan GI di desanya. Ia berharap, masyarakat bisa menjaga kondusifitas selama pembangunan dilakukan. “Alhamdulillah Kalimaro dipilih menjadi lokasi untuk pembangunan Gardu Induk PLN. Ini merupakan kabar baik karena akan berdampak positif kepada masyarakat. Harapan saya, semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semua pihak juga sudah kita rangkul, Insya Allah pembangunan ini berjalan lancar, aman, dan kondusif, meskipun sekarang belum ada pekerjaan urugan,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan, adapun lahan yang digunakan untuk pembangunan GI merupakan tanah pribadi milik sejumlah warga. “Luasnya sekitar 2 hektar. Kalau soal kepemilikan tanah, ini tanah pribadi, punya orang Pekalongan, Gebang, dan Kalimekar. Sempat juga ada yang tanya ke saya, kalau kaitan teknis pembangunan gardu, seperti kedalaman, dan lainnya seperti apa? Lalu saya jawab yang tahu itu ya PLN. Silahkan bisa tanya langsung ke PLN, karena saya adalah kuwu yang tugasnya mengayomi masyarakat Kalimaro,” pungkasnya. (jay/adi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.