Home » Cirebon » PPS Di Desa Ini Sudah Balikin Uang Makan KPPS, Desa Lain Kapan?!

PPS Di Desa Ini Sudah Balikin Uang Makan KPPS, Desa Lain Kapan?!

CIREBON – Polemik penyunatan atau pemotongan uang makan Anggota KPPS di 206 TPS di Kecamatan Gebang, Kab Cirebon, mulai menemukan titik terang. Berdasarkan hasil investigasi Tim JP di sejumlah Desa dan informasi sejumlah nara sumber, beberapa PPS di sejumlah desa, sudah mengembalikan uang tersebut.

RAPAT PENGEMBALIAN – Suasana saat pengembalian uang makan di balai desa Dompyong Wetan, Kamis (18/4/2019) malam.

Pengembalian uang dilakukan dengan sistem yang berbeda-beda sejak kemarin, Kamis (18/4/2019) hingga hari ini, Jumat (19/4/2019) dengan jumlah pengembalian uang makan yang beragam pula.

Seperti di Desa Dompyong Wetan, Kec Gebang, Kab Cirebon, pengembalian dilakukan di Balai Desa Dompyong Wetan, Kamis malam. Dengan didampingi PJ Kuwu Dompyong Wetan, Mansur, acara pengembalian itu dihadiri PPS Dompyong Wetan Asep Kurnia, Bendahara PPK Gebang Wilan, dan para Ketua KPPS.

Selanjutnya Desa Dompyong Kulon dikembalikan secara door to door (dari rumah ke rumah) oleh Ketua KPPS di masing-masing TPS dengan menyuruh kurir. “Betul, tadi sudah dikembalikan pukul 1 siang setelah Jumatan. Saya dapet uang pengembalian Rp 50 ribu, di antar ke rumah,” ujar “I” salah seorang anggota KPPS. Sedangkan di TPS lainnya di Dompyong Kulon, pengembalian dilakukan oleh Ketua KPPS lewat koordinasi di WA group, namun muncul nada penolakan dari sejumlah anggota saat akan dikumpulkan dalam forum rapat dengan pengembalian Rp 55.000 per anggota KPPS.

DIALOG PENGEMBALIAN – Inilah screenshoot dialog pengembalian di salah satu TPS dengan nilai Rp 1.167.000 per TPS, namun muncul kesan penolakan dari anggota KPPS saat akan dikumpulkan oleh ketuanya.

Sedangkan di Desa Gebang Udik, pengembalian dikabarkan dilakukan hari ini, pukul 16:00 di kantor desa setempat. Adapun dua desa lainnya yang sudah mengembalikan lebih dulu yakni Desa Gebang dan Desa Kalimaro, yakni pada Kamis kemarin atau sehari pasca pemberitaan dugaan penyunatan itu viral. Begitu juga Desa Gagasari dan Kalipasung yang pengembaliannya dilakukan sebelum pencoblosan sebesar Rp 30.000.

“Denger-denger hari ini ada klarifikasi dari panitia mengenai dana di desa saya (Gebang Udik) jam 4. Bahasanya klarifikasi, bukan pengembalian. Mohon dipantau ya mas,” kata ‘A’ salah satu Anggota KPPS di Gebang Udik.

Sementara itu, saat JP hendak mengkonfirmasi para pihak terkait yakni Bendahara PPK Kec Gebang, Kuwu Dompyong Wetan, Dompyong Kulon dan Kalimaro, semuanya tidak menjawab panggilan telepon atau membalas pesan hingga berita ini diturunkan.

Sedianya JP ingin mengkonfirmasi proses pengembalian, total besaran uang yang dikembalikan, dan keberadaan uang makan itu sebelum dikembalikan, ada di mana serta dikoordinir oleh siapa? Dan kapan pengembalian desa-desa yang lainnya yang belum mengembalikan.

Seperti diberitakan JP kemarin, diduga terjadi pemotongan uang makan petugas KPPS dan Linmas di 206 TPS yang ada di Kecamatan Gebang. Mereka hanya menerima Rp75 ribu, ada pula yang hanya mendapatkan makan dan snack saja. Padahal seharusnya per orang mendapatkan Rp135 ribu dipotong pajak untuk tiga kali makan. (adi/crd/jay/man)

Berikut Nama-nama PPS Di 13 Desa Di Kecamatan Gebang :

  1. Desa Dompyong Wetan – Asep Kurnia (Sudah Mengembalikan)
  2. Desa Dompyong Kulon – Aris Rusmawan (Sudah Mengembalikan)
  3. Desa Kalimekar – Imam Hanafi (Dalam Konfirmasi)
  4. Desa Kalimaro – Burhanudin (Sudah Mengembalikan)
  5. Desa Gagsari – Rafiudin (Sudah Mengembalikan)
  6. Desa Kalipasung – Abdul Manap (Sudah Mengembalikan)
  7. Desa Gebang – Ahmad Jahidin (Sudah Mengembalikan)
  8. Desa Gebang Udik – Dede Rawud (Dalam Konfirmasi)
  9. Desa Gebang Kulon – Ilyas (Dalam Konfirmasi)
  10. Desa Gebang Mekar – Wastori
  11. Desa Gebang Ilir – Dede
  12. Desa Melakasari – Ahmad Muhdir
  13. Desa Playangan – Jalaudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.