Home » Cirebon » Ini Makna “Paturay Tineung” Versi Kepsek SDN 1 Dompyong Wetan

Ini Makna “Paturay Tineung” Versi Kepsek SDN 1 Dompyong Wetan

CIREBON – SDN 1 Dompyong Wetan, Kec Gebang, Kab Cirebon, baru saja menggelar acara ‘Paturay Tineung’ pada Rabu (19/6/2019). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar SDN 1 Dompyong Wetan pasca kepemimpinan Kepala Sekolah (Kepsek) Hayati SPd. SD. Darah seni dan jiwa inovatif memang melekat kuat pada diri kepsek asal Banten ini. Sehingga gebrakan demi gebrakan pun Ia lancarkan demi kemajuan sekolah dan dunia pendidikan.

Kepsek SDN 1 Dompyong Wetan – Ai Hayati

Dalam wawancara Jabar Publisher, Bu Ai, sapaan akrabnya mengatakan bahwa kegiatan Paturay Tineung merupakan salah satu agenda rutin yang memiliki makna luas juga dalam.

“Paturay Tineung digelar setiap tahun, setelah pembelajaran selama 6 tahun berakhir. Mengingat tak lama lagi siswa-siswi kelas VI tahun ajaran (2018-2019) akan meninggalkan Almamaternya dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi yaitu tingkat SMP. Jadi, paturay tineung tidak hanya berupa kegiatan perpisahan melainkan penyerahan siswa kepada orang tua siswa. Namun diharapkan acara tersebut bisa sarat akan makna,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, makna yang dimaksud adalah berupa harapan kepada para alumnus bahwa SDN 1 Dompyongwetan sebagai Almamater yang dicintai oleh alumnusnya hingga mereka kelak dewasa, menjadikan SDN 1 Dompyong Wetan sebagai pembuka cakrawala pengetahuan bagi lulusannya, sehingga mereka bertanggungjawab untuk membantu menjaga nama baik, serta turut serta memajukan Almamaternya dgn cara mereka masing-masing sesuai dengan bakat & prestasi yang dimiliki.

Lebih dari itu, lanjut Bu Ai, agenda Paturay Tineung juga diharapkan bisa mengubah mindset masyarakat tentang pendidikan, bahwa utk berprestasi anak tidak hanya harus pandai Matematika, IPA, IPS & pengetahuan dalam pelajaran saja, namun lebih dari itu, potensi, bakat & kemampuan siswa diluar pelajaran dapat berkembang nyata di SDN 1 Dompyong Wetan.

Seperti diketahui, beragam tema kreasi siswa SDN 1 Dompyong Wetan benar-benar ditampilkan secara nyata dalam even Paturay Tineung Kelas IV SDN 1/Dompyong Wetan TA 2018/2019. Ada pentas seni berupa menyanyi, menari, bermain alat musik, membaca puisi, kostum, dan sebagainya yang ditampilkan oleh para siswa dari kelas I sampai kelas VI. Tentu kreatifitas itu tak lepas dari peran guru juga kepala sekolah yang menginginkan perubahan positif di sekolahnya dari masa ke masa. (jay)

KOMPAK – Guru-guru di SDN Dompyong Wetan juga selalu kompak dan saling support dalam setiap agenda dan kinerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.