Home » Cirebon » ‘Paturay Tineung’ Siswa SDN 1 Dompyong Wetan Meriah Hingga Banjir Air Mata
'Paturay Tineung' Siswa SDN 1 Dompyong Wetan
'Paturay Tineung' Siswa SDN 1 Dompyong Wetan

‘Paturay Tineung’ Siswa SDN 1 Dompyong Wetan Meriah Hingga Banjir Air Mata

CIREBON – SDN 1 Dompyong Wetan menggelar acara ‘Paturay Tineung’ Kelas VI di halaman sekolah setempat, di Desa Dompyong Wetan, Kec Gebang, Kab Cirebon, Rabu (19/6/2019) sejak pagi hingga siang. Acara berlangsung meriah dengan dihadiri ratusan orang yang terdiri dari para siswa, orang tua murid, undangan, komite, Kuwu Dompyong Wetan, alumni, serta warga setempat. Mereka tampak antusias menyaksikan acara demi acara yang dikemas secara matang oleh para guru yang tergabung dalam kepanitiaan dibawah binaan Kepala Sekolah SDN 1 Dompyong Wetan Hayati S.Pd.SD.

TERIMA KASIHKU – Siswa siswi Kelas VI saat menyanyikan lagu Terima Kasihku.

Suasana khidmat, syahdu, hingga banjir air mata, benar-benar terjadi saat prosesi sungkeman antara orang tua murid dan para murid kelas VI yang berjumlah 22 siswa. Prosesi sungkeman juga dipandu oleh ‘Wa Lengser’ yang tiada lain yakni siswa SDN 1 Dompyong Wetan dengan iringan musik kecapi suling. Rangkaian acara puncak ini merupakan simbol bahwa pihak sekolah sudah tuntas melaksanakan tugasnya, sehingga para murid dikembalikan kepada orang tua masing-masing sekaligus guna meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi yakni ke SMP.

Usai sungkeman, para siswa kelas VI menyanyikan lagu ‘Terima Kasihku (Guruku)’ dengan iringan piano akustik. Pada kesempatan ini, Kepsek SDN 1 Dompyong Wetan juga turut menyumbangkan suara emasnya dengan menyanyikan sebuah lagu bertema perpisaahan dengan anak-anak, sambil mengusap kepala setiap anak. Kembali, air mata para guru, orang tua, dan sejumlah siswa tak terasa berlinang kembali.

SP BAND – Single Parent (SP) Band berfose bareng Kepsek SDN 1 Dompyong Wetan, Ai Hayati usai perfom.

Prosesi usai, acara dilanjutkan dengan persembahan kreasi seni dari setiap kelas. Ada menyanyi, menari, perfom pianika, membaca puisi bahasa Inggris, tausiyah kyai cilik, pengumuman prestasi, penyerahan cindera mata dari wali murid untuk guru-guru, dan lainnya. Sebagai acara penutup, tampil juga “Single Parent alias SP Band” yang membawakan sejumlah lagu hits. Tampilnya band yang beranggotakan Jay, Ucok, Iis, Allan, Sipenk dan Aif ini, sekaligus sebagai persembahan dari alumni SDN Dompyong Wetan 1.

Kepsek SDN 1 Dompyong Wetan Hayati SPd, SD, atau yang akrab disapa Bu Ai, menyampaikan rasa bangganya kepada siswa siswi atas sejumlah prestasi yang telah diraih. “Dalam UN 2019 kemarin, ada siswa kami yang bisa mendapatkan nilai 100 pada mata pelajaran Matematika. Di Kecamatan Gebang hanya di SD ini yang mendapat nilai 100. Kedua siswa itu adalah Devan Rahadian dan Fawaz. Ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar Bu Ai diiringi tepuk tangan meriah.

Adapun sambutan-sambutan sebelumnya disampaikan Ketua Panitia Hj. Wasiah SPd.SD yang melaporkan rincian anggaran kegiatan, Ketua Komite SDN Dompyong Wetan 1 Apendi Mukdor yang menegaskan pentingnya melanjutkan sekolah bagi semua siswa dan pembentukan karakter juga bakat anak terjadi saat didik di bangku SD sebagai jenjang pendidikan terlama, juga sambutan Kuwu Dompyong Wetan Mansyur yang juga alumni SDN 1 Dompyong Wetan 35 tahun lalu. (jay/adi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.