Home » Cirebon » Pemdes Pabuaran Lor Diguncang Kabar Tak Sedap Hingga Rencana Demo dari Warganya

Pemdes Pabuaran Lor Diguncang Kabar Tak Sedap Hingga Rencana Demo dari Warganya

CIREBON – Pemerintah Desa (Pemdes) Pabuaran Lor, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, diguncang sejumlah kabar tak sedap. Belum lama ini, sekitar pertengahan Aguatus 2019, tersiar kabar bahwa Kuwu Pabuaran Lor, Hery Castari, diduga telah melakukan jual beli jabatan perangkat desa dan diduga sudah menghibahkan tanah titisara tanpa izin dan kesepakatan para pihak terkait.

Buntut dari hal itu, akhirnya menimbulkan protes dari sebagian warga bahkan sempat dikabarkan bahwa warga akan melakukan aksi demo ke kantor desa setempat.

Kabar tersebut awalnya datang dari narasumber JP yang tidak mau disebutkan namanya. Ia menyampaikan informasi tersebut kepada Wartawan pada Senin (19/8/2019) pagi.

“Kalau masalah pastinya saya ga begitu tahu, tapi kemungkinan tersangkut kasus penebangan jati yang ada di pemakaman desa setempat, jual beli jabatan dan menjual tanah titisara. Lalu saya mendengar juga, warga ada rencana demo ke kantor Desa, tapi soal waktu, saya kurang begitu tahu pastinya kapan,” kata sumber.

Senada dengan penuturan sumber JP lainnya yang menyatakan bahwa kuwu diduga telah melakukan jual beli jabatan. “Permasalahan kedua, kuwu telah membuat keputusan sepihak seperti halnya mengoper alihkan jabatan dengan mengeluaran SK dan membuat SK tanpa ada musyawarah dengan para lembaga. Ya jelas, itu menimbulkan masalah bagi perangkat atau sekdes yang diganti, padahal belum setahun dia menjabat. Masalah ketiga adalah kuwu diduga telah menghibahkan tanah titisara desa ke Desa Pabuaran Wetan untuk fasilitas masjid,” ulas sumber.

Selanjutnya dari informasi tersebut, Wartawan JP langsung mendatangi Kantor Kuwu Pabuaran Lor, Selasa (20/8/2019), untuk mengkonfirmasi kebenaran kabar itu dengan menemui kuwu.

Tetapi saat didatangi, Kuwu Hery Castari tidak ada di tempat. Di sisi lain, perangkat desa yang ditemui di sana pun tidak ada yang mau memberikan statement, karena ditakutkan salah informasi.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada kepastian soal rencana warga Desa Pabuaran Lor akan demo ke kantor desa. Sementara info terakhir yang didapatkan dari salah satu perangkat Desa Pabuaran Lor, bahwa hari ini, Kamis (22/8/2019) akan diadakan pertemuan di Kantor Kecamatanan Pabuaran terlebih dahulu, guna membahas pemarsalahan di Pemdes Pabuaran Lor tersebut.

Sementara itu, Kapolsek Pabuaran AKP Yulyanto Istyono SH, saat dikonfirmasi JP di kantornya, Kamis (22/8/2019), mengaku belum mendengar tentang kabar tersebut. “Soal rencana demo dari warga Pabuaran Lor saya belum mendengar. Tapi informasi ini akan kami dalami dengan menugaskan anggota untuk cek langsung ke lokasi,” tandas Kapolsek Pabuaran.

Sedangkan Camat Pabuaran Moch Cholikussurur membenarkan adanya rencana pertemuan terkait bahasan polemik di Desa Pabuaran Lor hari ini di kantornya. “Rencana ada, tapi belum ada kepastian (pertemuan),” singkatnya. (adi/eko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.