Home » Cirebon » Ada ‘Kondisi Unik’, Camat Pabuaran Harapkan Pilwu di Empat Desa Berjalan Kondusif

Ada ‘Kondisi Unik’, Camat Pabuaran Harapkan Pilwu di Empat Desa Berjalan Kondusif

CIREBON – Tahapan demi tahapan telah dilalui dalam Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak di Kabupaten Cirebon, tak terkecuali di Kecamatan Pabuaran dimana tahun ini akan menggelar Pilwu di empat desa yakni Sukadana,Pabuaran Kidul, Jatirenggang, dan Hulubanteng Lor.

Demikian disampaikan Camat Pabuaran Moch Cholikussurur kepada JP, Rabu (11/9/2019). “Yang unik dari pelaksanaan Pilwu tahun ini yakni adanya tiga orang Calon Kuwu dalam satu blok itu terjadi di Desa Sukadana. Jadi suhu politik disana lumayan panas, karena mobilitas para timses disana sangat kentara. Meski demikian, semoga pelaksanaan Pilwu di lima desa di Pabuaran ini tetap kondusif,” ungkapnya. Untuk diketahui, calon kuwu dari semua desa di Pabuaran pun lebih dari dua orang, ada yang tiga juga empat calon kuwu.

Dari segi pengamanan, lanjut Cholik, pihak kecamatan selalu menggandeng muspika yakni Polsek Pabuaran, Koramil Pabuaran, juga Satpol PP. Adapun fokus pengamanannya dilakukan secara merata di semua desa yang menggelar pilwu serentak 2019. “Pilwu ini menurut saya adalah pesta demokrasi yang paling berpotensi memiliki kerawanan dibanding Pileg, Pilpres atau Pilkada. Karena baik calon maupun pemilihnya ada di tempat yang sama (masing-masing desa). Jadi antisipasi keamanan mutlak harus kita lakukan jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Sedangkan terkait aspek pemerintahan, pihaknya sudah menyiapkan empat karyawan berstatus PNS untuk bertugas di desa-desa yang menghadapi pilwu serentak, sebagai Penjabat kuwu sementara (PJS).

“Dari total 27 karyawan, kami tugaskan empat karyawan bagian staf namun sudah pernah punya pengalaman di bidang pemerintahan. Sengaja bukan kasi (kepala seksi) yang saya tugaskan, karena agar tugas pokok di kecamatan pun bisa tercover. Meski nanti akan menjabat PJS dan ditempatkan di desa-desa, mereka tetap akan dimonitor dan diawasi oleh Kecamatan,” pungkasnya sambil menyebutkan bahwa pelantikan para PJ Kuwu Sementara itu akan digelar tanggal 20 September mendatang. (jay/adi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.