Home » Cirebon » Tinggal Klik! MAN 4 Cirebon Bakal Pilih Ketua OSIS dengan E-Vouting

Tinggal Klik! MAN 4 Cirebon Bakal Pilih Ketua OSIS dengan E-Vouting

CIREBON – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Cirebon, akan mengadakan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ya mulai tahun ini, MAN yang berlokasi di Kecamatan Pabuaran ini bakal menggunakan cara E-Vouting, alias tak lagi menggunakan kertas untuk menghimpun suara siswa dalam memilih Ketua OSIS.

WAWANCARA – Tim Jabar Publisher saat mewawancarai Waka Bidang Kesiswaan Budi Suryo soal pemilihan Ketua OSIS dengan sistem E-Vouting.

Aplikasi e-voting yang digunakan untuk proses pengumpulan suara ini, berbasis pemrograman PHP. Jadi siswa tidak perlu mencoblos calon ketua OSIS pilihan masing-masing seperti menggunakan kertas, tapi cukup dengan cara klik lewat sarana yang sudah disediakan oleh sekolah.

Dengan inovasi tersebut, tak berlebihan jika MAN 4 Cirebon disebut sebagai pelopor Madrasah berbasis digital pertama di Cirebon, mengingat di madrasah lain masih melakukan pemilihan ketua osis secara manual.

Terang saja, inovasi dalam pendidikan demokrasi di sekolah dengan cara evoting election tersebut mendapat respon yang baik dari siswa-siswi MAN 4 Cirebon.

Dalam wawancara Jabar Publisher dengan Waka Bidang Kesiswaan Budi Suryo Sumantri, mengatakan, sebenarnya e-vouting tersebut sudah direncanakan oleh bidang kesiswaan sejak tahun 2018.

“Sudah sejak setahun lalu dirancang dan direncanakan, nah tahun ini dilaksanakannya. Jadi sebelum melakukan pemilihan ketua osis, kita adakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) terlebih dahulu,” katanya, Rabu (11/9/2019).

LDKS sendiri diikuti oleh perwakilan dari setiap kelas dan perwakilan dari setiap eskul selama tiga hari, yaitu mulai dari Jum’at (13/9/2019) sampai Minggu (15/9/2019).

“Baru setelah itu kita akan merancang untuk pelaksanan pemilihan ketua osis yang tahapannya, calon diusung dari pasangan eskul, kemudian membuat visi dan misinya,” lanjut Budi.

Secara teknis, pemilihan Ketua OSIS dengan e-vouting ini, sarananya mengunakan laptop, agar gambar dan tulisan visi misinya bisa terlihat jelas. “Nantinya, siswa masuk ke bilik yang sudah disediakan laptopnya untuk memilih. Para pemilih berasal dari semua kelas, dimulai dari jam 8 sampai jam 10 pagi di bulan Oktober 2019 nanti. Di hari yang sama juga akan langsung disampaikan pengumuman siapa pemenangnya atau yang terpilih sebagai Ketua OSIS, berikut dipampang hasil perolehan suaranya,” terang Budi yang saat itu didampingi Abdul Basit (Waka Bidang Sarpras).

Gagasan tersebut lanjutnya, datang dari hasil koordinasi saya dengan operator supaya bisa memaksimalkan manfaat lab dan server yang sudah tersedia di sekolah untuk dikembangkan.

Ke depan, MAN 4 Cirebon ini diharapkan akan menjadi salah satu rujukan sekolah berbasis digital dan teknologi yang embrionya diawali dari e-voting election ini. “Kita punya rencana tahun depan akan mensosialisasikan pengembangan ini kepada orang tua murid melalui komite. Jadi nantinya, orang tua bisa memantau secara langsung kondisi anaknya di sekolah, mulai dari absensi, nilai ulangan, juga data-data lainya,” tandas Budi.

Meski tidak semua orang tua murid bisa mengunakan teknologi atau gadget, tapi Ia optimis rencana inovatif ini akan berhasil. “Kendala pasti ada, misalnya tidak semua orang tua murid itu bisa mengoperasikan gadget atau menggunakan teknologi era zaman now. Tapi, kalau tidak segera dimulai, jelas kita tidak akan pernah siap,” pungkasnya. (adv/adi/jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.