Home » Bekasi » Kerjasama Tersistem, BPK dan Kejaksaan Diminta Lebih Tegas dan Proaktif

Kerjasama Tersistem, BPK dan Kejaksaan Diminta Lebih Tegas dan Proaktif

BEKASI – Terkesan sudah diatur dan tersistem, lagi – lagi penentuan titik Coredrill memiliki tanda ciri khas dengan cat berwarna yang menggunakan cat pilox, yang diberi tanda di lokasi yang berbeda agar saat pengambilan spample ketebalan, sesuai dengan ukuran yang ditentukan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Namun hal itu terkesan sudah menjadi tradisi dan bahkan, terindikasi kuat adanya kerjasama antara Kontraktor, Konsultan dan pengawas agar terlihat pekerjaan tersebut dikerjakan sesuai RAB.

Seperti yang di ketahui pada kegiatan Pemeliharaan (Pengaspalan) Jalan Kali Abang Tengah – Bojong Karatan, Jalan Bojong Karatan – Buni Bakti Paket 7-8, Paket 11-12-13 Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi, jelas terlihat setiap titik lokasi yang diberi tanda cat bergaris warna merah. Tepat di lokasi tersebut dilakukan pengambilan sample Coredrill.

Hal yang sama pun terjadi di beberapa kegiatan pengaspalan yang ada di wilayah Kecamatan Tarumajaya dan Babelan, tepat di lokasi yang diberi tanda cat berwarna, dilakukan coredril.

Seperti yang dikatakan Sekertaris Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Independen Anti Rasuah (LIAR), Fery Astoni kepada jabarpublisher.com Rabu 9/10/2019. Menduga adanya kerjasama yang tersistem, pada setiap kegiatan pembangunan yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Kabupaten Bekasi.

Hal itu diketahuinya pada setiap kegiatan Kontruksi pembangunan jalan, baik itu Pemeliharaan ataupun peningkatan. Selalu ada tanda khusus untuk menentukan titik pengambilan sample Coredrill.

“Ini sudah jelas di atur dengan sedemikian rupa dan tersistem, jika tidak, mengapa pihak dari pengawas dan konsultan mengikuti titik yang ditunjuk oleh rekanan kontraktor, tidak menentukan titik coredrill sesuai aturan,” ungkap Sekjen DPP LSM LIAR Fery Astoni.

Karena jelas pada saat pengambilan sample kegiatan Pemeliharaan (Pengaspalan) Jalan Bojong Karatan – Buni Bakti Paket 1, ketika digeser dari titik lokasi yang diberi tanda, ukuran ketebalannya tidak mencapai 4 Cm.

“Namun pada saat kembali dilakukan pengambilan sample di lokasi yang sudah diberi tanda, jelas ukuran ketebalannya pun bahkan melebihi ketentuan,” terangnya.

Dikatakan Fery, ini sudah jelas tindakan pembodohan dan penipuan terhadap proyek pembangunan yang dianggarkan dari APBD tersebut.

“Bagaimana tidak, pekerjaan yang diketahui dikerjakan tidak sesuai RAB, namun dalam laporannya, pekerjaan tersebut dikerjakan sesuai aturan. Aneh,” ujarnya.

Dengan kejadian ini, dirinya atas nama LSM LIAR meminta kepada Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Jawa Barat, harus lebih selektif dalam melakukan audit khususnya di Pemerintahan Daerah Kabupaten Bekasi. Khususnya pada Dinas PUPR.

Pasalanya, Ratusan kegiatan APBD yang menelan anggaran hingga Triliunan Rupiah, harus benar benar dikerjakan sesuai aturan dan ketentuan yang sudah di buat oleh konsultan.

“Jangan hanya beberapa saja yang dijadikan sample dalam audit BPK, karna hampir 90% Kegiatan pembangunan jalan tidak sesuai RAB, pengurangan volume dilakukan agar mendapatkan keuntungan lebih besar,” tandasnya.

Dirinya pun akan segera melaporkan hal ini ke Kejaksaan Negeri Cikarang terhadap para oknum yang memanfaatkan jabatannya, bersama pihak rekanan kontraktor yang secara sengaja mencari keuntungan dan merugikan keuangan daerah, dapat dipidana sesuai Undang-undang yang berlaku.

Hal tersebut diketahui pula ketika dikonfirmasi via telfoun ke salah satu pengawas bidang pemeliharaan, Wiratmo kepada jabarpublisher.com mengaku bahwa pada pekerjaan Pemeliharaan (Pengaspalan) Jalan Bojong Karatan – Buni Bakti Paket 1, hasilnya sesuai dengan yang ditentukan dalam RAB yaitu 4 Cm.

“Ya hasilnya sesuai ketebalannya 4 Cm bahkan lebih, namun terkait kegiatan Core Drill pada Pemeliharaan (Pengaspalan) Jalan Kali Abang Tengah – Bojong Karatan saya tidak ada di lokasi, akan tetapi hasilnya sesuai dengan yang ditentukan,” kilah Wiratmo ketika dihubungi jabarpublisher.com Rabu 9/10/2019.

Wiratmo menjelaskan. Pada saat coredrill di paket tersebut, yang hadir di lokasi adalah PPTK dan Konsultan saya sedang ada kegitan lain.

“Nanti coba saya infokan kembali,” tutupnya. (Fal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.