Home » Cirebon » Dibanjiri Lautan Manusia, Festival Budaya Ciledug Sukses Besar!

Dibanjiri Lautan Manusia, Festival Budaya Ciledug Sukses Besar!

CIREBON – Sukses besar! Itulah ungkapan yang tepat menggambarkan pelaksanaan Festival Budaya Ciledug, yang diselenggarakan oleh Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, dengan mengangkat tema “Dina Budaya Urang Napak, Tina Budaya Urang Ngapak”, Rabu (6/11/2019). Acara yang disupport Disbudparpora Kab Cirebon tersebut benar-benar dibanjiri lautan manusia.

KREASI – Aneka kreasi seni dipertunjukan dalam Festival Budaya Ciledug.

Dari pantauan Jabar Publisher langsung di lokasi sejak pukul 8:00 pagi, acara sudah dimulai dengan agenda pertama yakni ider-ideran. Acara pembuka ini langsung dipenuhi lautan manusia di sepanjang Jalan Merdeka Barat hingga ke arah alun-alun Ciledug.

Acara semakin meriah karena yang datang berasal dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Tak hanya itu, pemandangan syahdu juga nampak karena sejumlah etnis dan agama bersatu padu dalam even Festival Budaya Ciledug ini. Semakin semarak, karena iring-iringan juga dimeriahkan oleh siswa-siswi SD, SMP sampai SMA.

Persembahan berikutnya yakni karnaval/ider-ideran 10 desa yang ada di Kecamatan Ciledug. Masing-masing dari mereka menampilkan kreasi budaya, seni dan keterampilannya.

MENYAPA – Camat Ciledug H. Solihin HS menyapa ribuan warga di atas panggung kehormatan.

Sejumlah kesenian budaya yang ditampilkan beraneka macam, yang unik ada burok, sisingaan, dan bangbarongan yang dimainkan oleh anak-anak. Ada juga marching band, musik angklung atau musik tradisonal, kirab merah putih, pawai alegoris, hadoroh dan yang lainya,

Para peserta berkumpul di titik start yakni lampu merah Jatise’eng menuju ke Alun-lun Ciledug. Sampai di lokasi, satu per satu dari mereka menunjukan hasil karyanya di depan Camat Ciledug H. Solihin HS dan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon.

Terpantau kamera JP, Camat Ciledug sempat menangis haru karena acara ini terselenggara sukses. “Kesuksesan acara hari ini lebih dari ekspektasi saya sebelumnya. Warga Kecamatan Ciledug begitu kompak dan guyub, mereka juga bisa menghargai perbedaan baik entis maupun agama. Dan Alhamdulillah, lewat acara Festival Budaya ini semuanya elemen bisa dipersatukan,” ungkap Solihin.

BUROK – Kesenian burok juga menyedot perhatian massa dalam Festival Budaya Ciledug.

Masih dari pantauan, walaupun terik matahari begitu menyengat, namun massa tetap semangat mengikuti rangkaian acara. Usai acara ider-ideran, acara dilanjut dengan prosesi upacara adat, penampilan seni budaya seperti Bangbarongan, Tari Tradisional, Tari Topeng Cirebon, Tari Kreasi dan dihibur juga dengan Tambang Pantura sampai tengah malam nanti.

“Semoga semua rangkaian acara yang digelar hingga malam nanti bisa berjalan lancar dan menghibur semuanya. Festival budaya ini merupakan hajat kita bersama, mari datang dan sukseskan acara ini hingga akhir,” pungkas Solihin. (adi)

BANGBARONGAN – Kesenian khas Ciledug yang tengah ngetrand saat ini adalah Bangbarongan. Tampak Camat Ciledug saat memberikan saweran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.