Home » Cirebon » “Pekan Pengabdian” IAIN Syekh Nurjati Cirebon di Ponpes Al-Shohwah, Ulas Program Beasiswa Santri

“Pekan Pengabdian” IAIN Syekh Nurjati Cirebon di Ponpes Al-Shohwah, Ulas Program Beasiswa Santri

CIREBON – Pondok Pesantren (Ponpes) Alshohwah di Desa Dompyong Kulon, Kec Gebang, Kab Cirebon, kedatangan tamu istimewa dari para dosen dan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Kamis (7/11/2019).

KH Makdorul Amin – Pimpinan Ponpes Al-Shohwah

Mereka menyambangi Ponpes Pimpinan KH. Makdorul Amin itu guna menggelar acara ‘Pekan Pengabdian Jurusan Bahasa Arab dan Sastra Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon’ dengan tema “Menjalin Ukhwah Menguatkan Sumber Daya Manusia Melalui Bahasa Arab”.

Dalam paparannya di depan puluhan santri Alshohwah, perwakilan dosen IAIN Syekh Nurjati yakni Ustad Andi Hakim memaparkan sejumlah program beasiswa bagi para santri. “Sekarang ada UU Pesantren, sebagai bentuk hadirnya negara untuk menjamin masa depan para santri. Ada juga dana abadi untuk ponpes dan beberapa program beasiswa bagi santri setelah lulus sekolah,” ungkapnya.

Dijelaskan, beasiswa santri yang dimaksud antara lain Program beasiswa santri berprestasi, LPDP Santri, Bidik Visi (beasiswa bagi santri kurang mampu) dan Beasiswa Unggulan. “Ada beberapa syarat jika ingin mengikuti program beasiswa, misalnya harus masuk ranking 5 besar, lulus tes baca Alquran, kitab kuning san sebagainya. Jadi yang paling pas untuk adik-adik santri di sini adalah Beasiswa Santri Berprestasi, karena khusus untuk S1. Untuk itu, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, biasanya pembukaan beasiswa itu setiap bulan Januari,” terangnya.

Foto bersama dengan para Santri Ponpes Alshohwah.

Acara paparan semakin menarik karena pembicara mengisi acara dengan motivasi dan jokes-jokes segar. Sesekali mereka juga membagikan hadiah untuk siswa yang bisa menjawab pertanyaan.

Diwawancarai JP usai acara, Ustad Andi Hakim menjelaskan bahwa agenda pekan pengabdian ini adalah sebagai wujud nyata para dosen di IAIN Syekh Nurjati bagi masyarakat. “Jadi selain mengajar, kampus kami ingin berkontribusi kepada masyarakat secara langsung. Nah salah satunya adalah lewat pekan pengabdian ini,” terangnya.

Pekan pengabdian ini akan difollow up lewat kerjasama lanjutan melalui program-program antara pihak kampus dan ponpes yang pernah dikunjungi. “Kami dari jurusan bahasa dan sastra arab mendapat giliran di sini, di Ponpes Al-Shohwah. Mungkin jurusan lain menggelar pekan pengabdian lokasi lainnya, tentunya dengan tema yang juga berbeda,” imbuh Andi.

Usai acara, KH. Mahdorul Amin mengajak tim IAIN Syekh Nurjati untuk berkeliling areal Ponpes Al-Shohwah termasuk ke areal belakang yang rencananya akan dilakukan perluasan pembangunan ponpes. (jay/adi)

Mahasiswi IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga turut mengikuti acara Pekan Pengabdian.
Ustad Andi Hakim, Dosen IAIN Syekh Nurjati saat diwawancarai Pemred Jabar Publisher, Hasan Jay usai acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.