Home » Karawang » Bupati Purwakarta Geram, Masih ada Pabrik Buang Limbah ke Sungai
Foto: net

Bupati Purwakarta Geram, Masih ada Pabrik Buang Limbah ke Sungai

PURWAKARTA – Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, berang terhadap perusahaan yang masih membandel, membuang limbahnya ke sungai.

“Kewenangan kami terbatas, makanya kami mengajak TNI-Polri untuk sama- sama bersinergi dalam menindak tegas perusahaan nakal ini,” ujarnya, Jumat (22/11/2019).

Jika terbukti, kata dia, harus dilakukan proses secara tegas, tidak ada ampun!” tegas sosok yang akrab disapa Ambu itu.
Orang nomor satu di Pemkab Purwakarta itu juga mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan sungai.

“Ada dua aliran sungai besar yang melintasi Purwakarta. Yakni, Sungai Citarum dengan panjang sekitar 43 kilometer, dan Sungai Cilamaya, yang posisinya berbatasan langsung antara Kabupaten Subang dan Karawang,” jelasnya.

Namun, kata dia, kedua sungai itu kondisinya masih memperihatinkan. Salah satunya, akibat masih tercemar limbah dari industri dan rumah tangga.

Meski demikian, tambah dia, pemerintah sudah menindak beberapa perusahaan tersebut bahkan diantarnya sudah diproses secara hukum.
Seperti di aliran Citarum, kata dia, saat ini ada tujuh perusahaan yang berbatasan langsung dengan sungai terpanjang di Jabar ini.

“Dari tujuh perusahaan itu, satu diantaranya terindikasi membuang limbah cairnya ke Sungai Cikao, yang merupakan anak Sungai Citarum. Sudah kita tegur dan diproses secara hukum,” katanya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.