Home » Karawang » Nanti, Nonton Air Mancur di Taman Sri Baduga Berbayar
Foto: net

Nanti, Nonton Air Mancur di Taman Sri Baduga Berbayar

PURWAKARTA – Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, akan terapkan retribusi kepada para pengunjungnya. Saat ini, Pemkab setempat tengah mengunggu hasil evaluasi rancangan peraturan daerah (Raperda) dari Direktorat Produk Hukum Daerah Kemendagri soal retribusi Taman Air Mancur Sri Baduga.

“Kami berharap akhir tahun ini hasil evaluasinya sudah selesai dan segera bisa disahkan oleh DPRD Purwakarta,” ujar Sekretaris Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar, Rabu (26/11/2019).

Retribusi diberlakukan, kata dia, dengan tujuan untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Pasalnya, sambung dia, Air Mancur Taman Sri Baduga menjadi salah satu destinasi wisata yang mampu menyedot para wisatawan dalam mau pun luar Purwakarta.

Taman air mancur yang berada di kawasan Situ Buleud ini, jelas dia, dioperasikan setiap sabtu malam. Dalam satu kali tayang, mampu menarik sekitar 12 ribu wisatawan.

“Artinya, dalam satu bulan tidak kurang dari 48 ribu pengunjung. Setahun mampu mendatangkan 576 ribu pengunjung,” jelasnya.

Heri mencontohkan, jika diberlakukan besaran retribusi Rp10.000 per satu pengunjung orang dewasa, misalnya, maka dalam satu tahun Taman Air Mancur Sri Baduga bisa menyumbang Rp5,76 miliar PAD.

“Hasil dari retribusi itu dapat digunakan untuk perawatan dan penunjang kebutuhan lain Taman Air Mancur Sri Baduga yang selama ini memerlukan biaya cukup besar. Dan ini, bisa memangkas pengeluaran APBD,” kata Heri. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*