Home » Cirebon » Diikuti 4.800 Peserta, Ciledug Jadi Tuan Rumah Pentas PAI Tingkat Kab Cirebon

Diikuti 4.800 Peserta, Ciledug Jadi Tuan Rumah Pentas PAI Tingkat Kab Cirebon

CIREBON – Pemkab Cirebon melalui leading sektor Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dengan menggandeng organisasi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kab Cirebon, mengadakan Pekan Kreatifitas dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Kabupaten Cirebon di alun-alun Kecamatan Ciledug, Selasa (10/12/2019). Pentas PAI tersebut rencananya akan diikuti sekitar 4.800 perserta, yang terdiri dari peserta PAUD/TK, SD, SMP, SMA dan SMK sederajat.

Dari pantauan Jabar Publisher langsung di lokasi, jajaran panitia acara bersama Camat Ciledug, Senin (9/12/2019) tampak sedang menggelar serangkaian persiapan guna kelancaran acara yang akan digelar besok itu.

Adapun susunan acara, kegiatan tersebut akan dimulai pukul 7’30 WIB sampai dengan 18’00 WIB, dengan rangkaian acara yakni Karnaval, pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, laporan ketua panitia, menyanyikan lagu mars PAI, sambutan dari Bupati Cirebon, doa, dan pelaksanaan lomba.

Dalam wawancara khusus JP dengan Ketua Panitia Acara Pentas Pendidikan PAI, Wandono, S.Pd.I mengatakan, Pentas PAI ini sudah berjalan 12 tahun, namun tahun ini ada pembeda yang sangat kontras yakni dalam hal tempat pelaksanaan lomba. “Biasanya, setiap tahunnya itu diselenggarakan di Lapangan Ranggajati Sumber, Cirebon. Baru kali ini kegiatan tersebut diadakan di alun-alun Ciledug, karena menurut H. Imron Rosyadi, Bupati Cirebon, yang juga mantan Kepala Kemenag Kab Cirebon, dengan lokasi yang berpindah-pindah ini diharapkan ada nilai plus’nya yakni menjadi syiar. Untuk itu, ke depan tiap tahunnya kegiatan ini akan diselenggarakan dengan berpindah pindah tempat. Melihat kacamatan yang paling siap di wilayah timur itu Kecamatan Ciledug, dari segi infrastruktur dan mungkin selalu welcome ketika diminta menjadi tuan rumah acara, maka tahun ini diadakan di sini,” ulas Ketua Panitia yang juga guru SD ini.

WAWANCARA – Ketua Panitia Pentas PAI Wandono, saat diwawancarai JP didampingi Camat Ciledug, Solihin HS.

Wandodo menambahkan, para peserta nanti akan mengikuti beberapa kategori perlombaan baik perorangan maupun kelompok yang sumbernya dari mata Pelajaran Agama Islam (PAI), seperti lomba kreatif, keterampilan dan pengetahuan anak, lomba qosidah, MTQ, serta Lomba Hafizh Quran.

“Selesai acara, kita langsung menentukan pemenangnya untuk lanjut dalam perlombaan serupa di tingkat provinsi yang mana nanti pada kegitan tersebut Cirebon akan menjadi tuan rumahnya,” Wandodo.

Sementara itu, Camat Ciledug H. Sholihin HS mengaku bangga kecamatan yang dipimpinnya itu dipercaya menjadi tuan ruma penyelenggaraan Pentas PAI tahun ini. “Suatu kehormatan bagi kami, karena ini yang pertama kali Kecamatan Ciledug dipercayakan untuk menyelenggarakan pentas PAI tingkat Kab. Cirebon ini. Insya Allah kami siap mensupport, mensukseskan acara ini semaksimal mungkin,” pungkas Solihin. (adi)

PERSIAPAN – Ibu-ibu paduan suara yang akan tampil besok berfoto bersama sebelum berlatih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.