Home » Cirebon » Dengan Sentuhan DD Tahap 3, Infrastruktur Desa Cangkuang Makin Mantap

Dengan Sentuhan DD Tahap 3, Infrastruktur Desa Cangkuang Makin Mantap

CIREBON – Menjelang pergantian tahun 2019 ke 2020, Pemerintah Desa (Pemdes) Cangkuang, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, kembali menyempurnakan infrastruktur di desanya lewat Dana Desa (DD) tahap IIl tahun anggaran 2019.

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DD TAHAP 3 DI DESA CANGKUANG

Dana desa merupakan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk stimulan berkesinambungan ke desa-desa Se Indonesia yang digelontorkan tiap tahun, yang peruntukannya 80 persen untuk bidang infrastruktur 20 persen untuk Pemberdayaan Masayarakat. Adapun penggelontorannya dilakukan menjadi tiga tahap yakni tahap 1 sebesar 20%, tahap 2 sebesar 40% dan tahap 3 sebesar 40%.

Kuwu Cangkuang, Ajat Sudrajat kepada Jabar Publisher, Rabu (11/12/2019) menjelaskan rincian program di desanya dari DD tahap 3 tahun ini. “DD tahap IlI saya gunankan untuk infrastruktur pembanguan Tembok Penahanan Tanah (TPT) di Dusun 01, Plat Decker di Dusun 02, TPT di Dusun 03, Dusun 04 dan Dusun 05. Untuk di Dusun 06 nya TPT, Saluran Pembangunan Air Limbah (SPAL) dan Plat Decker,” ungkapnya.

Pihaknya optimis, meski pencairan DD tahap 3 ini agak terlambat, namun Ia akan melakukan kinerja semaksimal mungkin. “Insya Allah semua pekerjaan bisa diselesaikan pada akhir tahun ini berikut laporannya dan kami bekerja sesuai prosedur yang semestinya,” tegas Ajat.

Untuk DD Tahap IIl ini, lanjut dia, semua anggaran dialokasikan ke bidang pembangunan fisik atau infrastruktur. “Masih banyak PR untuk kami, selaku kepala desa. Insya Allah bilamana DD Tahun depan cair kami akan gunakan anggaran tersebut untuk di bidang yang menjadi kebutuhan vital masyarakat. Saya ingin Desa Cangkuang kedepannya lebih baik lagi dan masyarakatnya sejahtera,” pungkas Kuwu Cangkuang. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.