Home » Cirebon » PJ Kuwu Sauri, Sukses Sulap Desa Pabedilan Kaler Jadi ‘Anyar’

PJ Kuwu Sauri, Sukses Sulap Desa Pabedilan Kaler Jadi ‘Anyar’

CIREBON – Seorang pemimpin yang visioner pasti mempunyai karakter khas dalam menjalankan organisasi atau bidang yang dipimpinnya. Hal itu benar-benar tercermin dari sosok ASN yang kini didaulat sebagai Pejabat (PJ) Kuwu Pabedilan Kaler, Kec Pabedilan, Kab Cirebon, Sauri Pranata. Bagaimana tidak, dalam kepemimpinannya yang relatif singkat, Ia mampu merubah desa yang awalnya tertinggal menjadi desa yang kini berwajah elok.

KONDISI JALAN DI DESA PABEDILAN KALER SEBELUM DAN SESUDAH DIREHAB

Anggaran dari pemerintah pusat yakni Dana Desa (DD) tahun 2019, Ia manfaatkan betul untuk membangun infrastruktur desa. Tak heran jika Ia dicap sukses memberikan perubahan yang besar di Desa Pabedilan Kaler yang awalnya jadul atau kusam, menjadi “Desa Pabedilan Kaler Anyar (Baru)”.

Saat diwawancarai oleh Wartawan JP, Jum’at (13/12/2019) di ruangan kerjanya, Sauri Pranata yang menjabat sebagai Kasi Yanum di Kec Pabedilan menjelaskan, bahwa perubahan itu bisa terwujud berkat sinergitas semua pihak, terutama berkat kerja keras Pemdes.

“Awalnya, ketika saya diberi tugas oleh Pak Camat Pabedilan sebagai Pejabat Kuwu Pabedilan Kaler, saya menolak, karena basic saya bukan disitu. Saya sebelumnya, di kecamatan menjabat sebagai kepala seksi pelayanan umum (Kasi Yanum), tapi karena tugas dan melihat bahwa desa yang nanti saya jabat itu termasuk desa tertinggal, maka saya justru jadi merasa tertantang untuk melakukan perubahan. Dan seminggu sebelum dilantik, saya melakukan survey terlebih dulu, ternyata banyak sekali yang perlu dibenahi. Nah dari situlah saya menyanggupi tugas yang diberikan oleh Pak Camat kepada saya,” ujar Sauri.

Ia menjelaskan, saat itu DD tahap 2 dan 3 belum cair dengan kondisi desa yang pastinya masih perlu banyak pembenahan. “Waktu saya menjabat, pada saat itu DD tahap 2 belum cair, dari situlah saya berjanji di DD tahap 2 dan 3 tahun ini saya akan gelar sesuai APDes. Kemudian setalah DD tahap ll turun, pertama yang kami gelar itu pengaspalan jalan. Alhamdulillah dalam satu minggu saya menjabat sambutan masyarakat begitu luar biasa. Begitu saya datang orang-orang bertepuk tangan dan mengucapkan terima kasih pak, jalnnya sudah diaspal,” kenang Sauri.

DENGAN SENTUHAN PJ KUWU, WAJAH KANTOR DESA PABEDILAN KALER BERUBAH JADI ANYAR.

Tak cukup sampai disitu, kepekaan Sauri melihat sektor pertanian juga patut diacungi jempol. Karena yang menjadi mata pencaharian utama masyarakat Desa Pabedilan Kaler itu pertanian, maka setelah pengaspalan jalan, Ia kemudian menggarap senderan dan saluran air sepanjang 250 meter. Selanjutnya yakni membangun taman ramah anak dengan dibuatkan ayunan dan prosotan tepat di depan kantor desa.

“Yang tadinya boro-boro ada yang main di sekitar kantor Desa, sekarang sih bukan hanyak anak-anak aja tetapi orang dewasa juga betah. Kata mereka, sekarang nyaman main disitu,” kutip Sauri.

Selanjutnya Ia menggeber program PHBI dan PHBA. Yang impactnya setelah itu, banyak masyarakat yang bilang Desa Pabedilan Kaler Anyar. “Inimah bukan perubahan, tapi anyar”.

PJ KUWU SAURI SAAT MEMANTAU PENGURASAN SALURAN VOLUME 3 KM DI BLOK TALANG REALBAN

Sementara itu, mengulas tentang DD tahap 3, Pemdes Pabedilan Kaler menggelar sejumlah kegiatan penyempurnaan. Yaitu untuk pemasangan PJU total 36 titik di setiap dusun, pengurasan saluran air alat rumah tangga sepanjang 3 km di setiap dusun, pemasangan pavingblok di areal Situs Kibuyut Batisari, renovasi juga pemasangan pavingblok di gang-gang kecil yang belum di aspal, peninggian saluran air, dan penambahan modal BumDes.

PJ Kuwu berkacamata ini berharap, Kuwu Pabedilan Kaler terpilih nanti agar bisa melanjutkan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan lainnya untuk perubahan dan kemajuan Desa Pabedilan Kaler. Ia juga menargetkan seminggu sebelum pelantikan semua pekerjaan dan pelaporan sudah tuntas.

“Target saya, maksimal pengerjaan DD tahap 3 ini, tanggal 25 Desember 2019 sudah rampung semua, supaya seminggu sebelum sertijab, tugas saya sudah selesai. Dan terakhir, semoga apa yang saya kerjakan selama menjabat sebagai PJ Kuwu di sini, bisa bermanfaat untuk masyarakat Pabedilan Kaler,” pungkas PJ Kuwu yang bermindset visioner ini. (adi/red)

SALURAN SEPANJANG 3 KM DI SEMUA DUSUN DIBANGUN UNTUK KENYAMANAN WARGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*