Home » Bekasi » Tanggapi Keluhan Warga, Komisi III Sidak PT. Indofood

Tanggapi Keluhan Warga, Komisi III Sidak PT. Indofood

BEKASI – Berangkat dari keluhan warga Desa Sukadanau Kecamatan Cikarang Barat  yang mengatakan adanya saluran air milik perusahaan PT. Indofood melewati pemukiman warga sekitar, Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi melakukan sidak ke lokasi yang dimaksud.

“Informasi yang kami terima, ada saluran air melewati rumah warga di sekitar perusahaan. Makanya, kami sidak ke lokasi ini,” kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Husni Thamrin, Rabu (12/2/2020) kepada sejumlah awak media.

Kedatangan mereka (dewan_red), kata politisi dari berlambang garuda itu untuk melihat bagaimana sistem instalasi pengelolaan air limbah (Ipal) dan analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) milik perusahaan yang dikeluhkan oleh warga sekitar itu.

“Apakah sudah benar-benar sesuai prosedur atau belum?” katanya.

Fakta di lapangan, ditemukan saluran air milik perusahaan yang memang melewati tempat pemukiman warga di sekitar perusahaan.

“Perusahaan menyewa tanah warga, dan saluran airnya melewati rumah warga. Hal ini kurang baik,” jelas Husni.

Namun, masih kata Husni, untuk membuktikan benar tidaknya saluran tersebut menyebabkan terkontaminasinya air bagi warga sekitar, pihaknya masih akan mengkaji lebih dalam.

“Kita masih akan telusuri. Berkoordinasi dengan camat dan polsek setempat,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan itu anggota dewan lainnya yakni, Mustakim, Danto, Helmi dan lainnya. Setelah sebelumnya rombongan tersebut juga melakukan sidak di PT. Gunung Garuda. 

Hal senada dikatakan, Camat Cikarang Barat, Dodi Gandi. Pihaknya juga tidak bisa memberikan banyak keterangan kepada awak media.

“Kami diundang para dewan untuk menemani ke lokasi sidak. Untuk hal terkait permasalahan yang menjadi keluhan warga, kami masih akan telusuri lebih dalam lagi,” ujarnya,

Sementara itu, pihak perusahaan memilih untuk tidak memberikan komentar kepada sejumlah awak media yang mencoba mengkomfirmasi permasalahan tersebut. (Tle)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.