Home » Cirebon » Ketua DPRD & Bupati Serius Wujudkan “2021 Cirebon Bebas Sampah”

Ketua DPRD & Bupati Serius Wujudkan “2021 Cirebon Bebas Sampah”

CIREBON – Ketua DPRD Kab Cirebon M Luthfi dan Bupati Cirebon H. Imron Rosyadi berkomitmen mewujudkan Cirebon Bebas Sampah di tahun 2021 mendatang. Guna mewujudkan visi itu, baik DPRD maupun Pemkab Cirebon sejak dini mulai menata langkah-langkah konkritnya sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat agar berprilaku hidup bersih dan sehat.

Kekompakan serta komitmen tersebut nampak jelas saat Ketua DPRD dan Bupati Cirebon meninjau titik pembuangan sampah di Desa Buntet, Kec Astana Japura, Kab Cirebon. Dimana disana terdapat pembuangan sampah liar di jalan penghubung poros desa, yang semakin menggunung karena tak kunjung diangkut. Dalam agenda itu, Ketua DPRD tampak antusias bahkan mewawancarai langsung Bupati Cirebon soal penanganan sampah. “Menurut info dari teman-teman di lingkungan hidup, ada 250 titik sampah semacam ini di Kab Cirebon, bagaimana penanganannya pak bupati,” tanya Ketua DPRD.

“Penanganannya harus secara bersama-sama, Pemab Cirebon, DPRD, masyarakat, para kyai dan lannya. Sedangkan terkait kurangannya armada sampah, akan kita anggarkan tahun ini seperti anjuran Ketua DPRD karena memang kita kekurangan armada,” kata Bupati, pekan lalu.

Selain sampah, Bupati juga akan fokus menangani masalah banjir di Kab Cirebon yang menjadi masalah rutin tahunan tatkala musim hujan tiba. “Hayu bareng-bareng bersama masyarakat tangani masalah sampah untuk mewujudkan 2021 Cirebon bebas sampah,” tandasnya.

Sedangkan Camat Astana Japura, M. Iing Tajudin menegaskan bahwa di Astana Japura hingga kini belum memiliki pembungan sampah yang permanen. Sehingga imbasnya tejadi pembuangan liar sampah di jalan poros desa. Untuk itu, pihakya akan mengimbau semua desa di Asjap agar menganggarkan mesin pengolah sampah dari DD tahun 2020 berikut biaya operasional dan upah pengelolanya.

“Kita ingin zero sampah dulu, baru berfikir masalah nilai lebih dari sampah itu sendiri. Akan kita imbau semua kuwu untuk menganggarkan mesin pengolah sampah, biaya operasional dan biaya upah demi mewujudkan Cirebon bebas sampah tahun 2021 mendatang. Setelah zero sampah, baru kita olah sampah dengan lebih baik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” tandas Camat. (jay/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*