Home » Cirebon » 176 KK Belum Terdata Dapat Bantuan Corona, Ini Strategi Jitu Kuwu Pabuaran Lor

176 KK Belum Terdata Dapat Bantuan Corona, Ini Strategi Jitu Kuwu Pabuaran Lor

CIREBON – Pemerintah Desa (Pemdes) Pabuaran Lor, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) untuk memvalidasi dan menetapkan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa bagi warga yang terdampak wabah Covid 19, Selasa (19/5/2020).



Musdessus dimulai pukul 15:00 WIB di Aula Kantor Kuwu setempat dihadiri pula oleh Camat Pabuaran, Muspika, Ketua BPD, RT, RW, jajaran dari unsur pemerintahan desa lainnya juga perwakilan warga.

Dari hasil musdessus tersebut telah dibuat berita acara dan disepakati bersama bahwa penerima BLT DD tahun 2020 di Desa Pabuaran Lor dalam penanganan Covid 19 sesuai kriteria dan belum masuk dalam data penerima bantuan pusat, provinsi, kabupaten dan bantuan lainya, yaitu sebanyak 176 KK. Nantinya masing-masing KK akan mendapatakan Rp 600 ribu selama tiga bulan.

Camat Pabuaran Moch Cholikussurur┬ádalam sambutannya mengatakan, ada beberapa jenis bantuan sosial diantaranya adalah bantuan dari Pusat, Provinsi, dan Kabupaten. Nama-nama bantuannya antara lain PKH, BPMT, BLT Provinsi, BLT Pusat dan yang lainya. “Begitu pula yang dapat dari BLT Dana Desa ini adalah hasil dari penyisiran akhir data warga yang belum mendapatkan bantuan yang disebutkan tadi. Dan harapan saya, tidak ada warga yang mendapat bantuan dobel,” ungkap Camat Pabuaran.

Sedangkan Kuwu Pabuaran Lor, Herry Castari, dalam wawancaranya mengatakan, jumlah KK di Desa Pabuaran Lor ini kurang lebih 2.500 KK, dipotong yang mampu sekitar 300 KK, sehingga tersisa 2.200 KK. “Sebanyak 2.200 KK itulah yang Insya Allah akan mendapat bantuan baik dari PKH, BPNT, bantuan Pusat, Provinsi, Kabupaten dan yang lainya termasuk juga BLT dari Dana Desa yang sudah divalidasi ini,” terang Herry.

Kuwu Herry berharap, semoga bantuan BLT dari Dana Desa dan bantuan lainnya bisa cair sebelum lebaran sehingga bisa segera tersalurkan. Sejauh ini kuwu dan jajaran selalu merapatkan barisan guna memvalidasi data dan melakukan serangkaian persiapan agar semua warganya terlayani dengan baik, khususnya ditengah pandemi seperti ini.

“Semoga bantuan BLT dari dana desa atau yang lainnya sebelum lebaran sudah cair, agar kita bisa langsung bergerak dan menyalurkannya sesuai data yang ada tepat kepada warga yang memebutuhkan, tentunya berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan,” ungkap Herry.

Diakhir wawancara, orang nomor satu di Pabuaran Lor ini menegaskan bahwa Ia siap melakukan yang terbaik untuk masyarakat Pabuaran Lor. “Semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Kami tahu, dengan adanya bencana non alam yang diakibatkan oleh pandemi virus covid 19 ini jelas berdampak pada kehidupan sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di desa kami. Untuk itu perlu saya tegaskan, kami, Pemerintah Desa Pabuaran Lor ingin berusaha melakukan yang terbaik dan bermanfaat untuk warga kami,” pungkas Herry. (adi)

SUASANA MUSDESSUS PABUARAN LOR BERLANGSUNG KHIDMAT DENGAN TETAP MEMPERHATIKAN PROTOKOLER KESEHATAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*