Home » Cirebon » Bagikan Rp 600 Ribu untuk 172 KK, Kuwu Gembongan Mekar Harap Tambahan Bantuan Pemerintah

Bagikan Rp 600 Ribu untuk 172 KK, Kuwu Gembongan Mekar Harap Tambahan Bantuan Pemerintah

CIREBON – Pemerintah Desa Gembongan Mekar, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, menggelar pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk penanggulangan virus covid 19 dari Dana Desa (DD) Tahap I Tahun 2020. Kamis (4/6/2020). Sebelum pembagian, pemdes setempat juga sudah merapatkannya dengan para pihak terkait dengan dihadiri pula oleh Ketua RT dan RW setempat.

SUASANA SAAT MUSYAWARAH PEMBAGIAN BLT DI DESA GEMBONGAN MEKAR

Demikian disampaikan Kuwu Gembongan Mekar, Kamaludin kepada Jabar Publisher, Jumat (5/6/2020). Ia merinci, jumlah KK yang ada di desanya sebanyak 2.093 KK dengan rincian penerima bantuan sebagai berikut:

“Pembagian BLT dari DD ada sebanyak 172 KK. Anggaran BLT tersebut dari DD Tahap 1 tahun 2020 sebesar 15 persen. Sedangkan bantuan dari Provinsi sebanyak 260 KK, dari BST 111 KK, PKH 92 KK, BPNT 234 KK dan Bantuan Bupati 134 KK,” ungkapnya.

Kamaludin menjelaskan, di desanya ada sejumlah bantuan terkait penanggulangan covid 19 yang sumber anggarannya berbeda-beda seperti dari Pemerintah Pusat, Kamensos RI, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan dari Dana Desa, sehingga diharapkan bantuan-bantuan pemerintah tersebut bisa meringankan beban masyarakat Gembongan mekar.

“Alhamdulillah, bantuan BLT dari Kamensos, Pemprov Jabar, Dana Desa sudah kami serahkan semuanya dan disambut baik masyarakat. Semoga bantuan dari pemerintah ini bisa memberikan manfaat yang maksimal, terlebih dalam kondisi pandemi seperti saat ini,” Kamaludin.

Sebagaimana diketahui, anggaran dana desa se-Kabupaten Cirebon sudah cair sejak akhir Mei 2020 lalu. Dana itu, kini sudah diterima oleh seluruh desa di Kabupaten Cirebon. Meskipun, pencairannya baru 15 persen dari total anggaran.

“Saya juga berharap semoga ada penambahan jumblah bantuan dari Pemerimtah Pusat, Provinsi Jabar, atau Pemkab, karena jumlah keseluruhan dari 2.093 KK di Desa Gembongan Mekar yang mayoritas petani dan buruh, masih banyak yang belum tercover untuk mendapatkan bantuan dampak dari covid 19 ini. Sehingga tidak sedikit warga yang datang kepada kami untuk mengadu bahwa dia belum mendapatkan bantuan sama sekali,” pungkasnya. (adi)

DISAKSIKAN MUSPIKA, KUWU GEMBONGAN MEKAR BAGIKAN RP 600 RIBU UNTUK 172 KK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*