Home » Cirebon » Sekolah di Cirebon Timur Bersiap KBM Tatap Muka, di SMPN 1 Babakan 89,1% “Setuju”

Sekolah di Cirebon Timur Bersiap KBM Tatap Muka, di SMPN 1 Babakan 89,1% “Setuju”

CIREBON – Sejumlah sekolah di kawasan Cirebon Timur mulai melakukan persiapan pembelajaran tatap muka. Hal ini diawali dengan adanya kuisioner berupa surat pernyataan di atas materai terkait pilihan setuju dan tidak setuju terhadap keputusan KBM tatap muka tersebut.

RAPAT – Suasana saat sosialisasi persiapan KBM tatap muka di SMPN 1 Babakan yang diikuti oleh para pihak terkait.

Usai yang menyebar semua surat pernyataan ke semua wali murid, pihak sekolah melakukan rapat dengan para pihak terkait terutama pihak komite dan tim gugus tugas covid-19 tingkat kecamatan seperti halnya dilakukan oleh SMP Negeri 1 Babakan, Kabupaten Cirebon, yang mulai menggelar rapat sosialisasi persiapan KBM tatap muka di sekolah pada Selasa (25/8/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah, Para Guru, Komite Sekolah, Polsek Babakan, Koramil Babakan, dan tentunya pihak Kecamatan Babakan. Dalam rapat tersebut, Kepala Sekolah SMPN 1 Babakan, M. Taufan Agus S., S.Pd. MM mengatakan, bahwa hal yang harus diutamakan adalah ikhtiar terhadap protokol kesehatan. Dan usai rapat tersebut, rapat intens dan lebih khusus kembali dilakukan jajaran guru guna membahas lebih lanjut terkait pola pengajaran yang nanti akan diberlakukan termasuk membahas masalah LKPJ.

Senada dengan penuturan perwakilan dari Koramil Babakan dan Polsek Babakan, dimana untuk keputusan teknis pembelajaran pihaknya menyerahkan kepada sekolah termasuk dalam mengakomodir pola pembelajaran siswa atas wali murid yang menyatakan tidak setuju. Terlebih pihak sekolah sudah melakukan persetujuan melalui Surat Pernyataan diatas materai yang tentunya memiliki kekuatan hukum dan mengikat. Di sisi lain pihak sekolah juga tengah merancang alternatif pembelajaran untuk para wali murid yang menyatakan tidak setuju dilakukannya KBM tatap muka.

Adapun berdasarkan data yang diperoleh dari pihak SMPN 1 Babakan, ada 89,1% yang setujud dilakukan KBM tatap muka dan 10,9% yang menyatakan tidak setuju. Prosentase tersebut dari sebanyak 932 siswa yang telah mengembalikan surat ke sekolah dari total siswa sebanyak 1.046 siswa.

Sementara itu, di kecamatan lainnya seperti Kecamatan Gebang, Kab Cirebon, hal serupa juga tengah dilakukan. Hal ini seperti disampaikan Camat Gebang Adang Kurnida kepada tim JP. “Kamis tanggal 27 Agustus 2020 sejumlah sekolah diawali dengan sekolah SMP akan menggelar sosialisasi persiapan KBM tatap muka di Kantor Kecamatan, baru selanjutnya SD. Dan saat ini Kecamatan Gebang sudah masuk zona hijau,” tandas Adang. (tim/jp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*