Home » Cirebon » Kecamatan Babakan Zona Hijau! Sudah Boleh dong Gelar Acara Siang – Malam?

Kecamatan Babakan Zona Hijau! Sudah Boleh dong Gelar Acara Siang – Malam?

CIREBON – Kabar baik terus menghampiri Jawa Barat terkait kondisi terakhir Covid-19. Di mana saat ini tinggal dua daerah saja yang masih dalam status zona merah yakni Kabupaten Bekasi dan Kota Cirebon. Sementara daerah lainnya sudah menunjukkan zona orange dan kuning.

SUMBER: GUGUS TUGAS COVID-19 KAB CIREBON

Sementara itu, kondisi di Kabupaten Cirebon sendiri masih variatif, ada Kecamatan yang sudah masuk zona hijau ada pula yang masih dalam zona kuning hingga merah. Sedangkan di sisi lain, sosialisasi soal kondisi terkini di tingkat kecamatan pun terbilang minim.

Hal ini jelas memicu kecemburuan tersendiri bagi para pelaku seni, musisi, dan para pekerja lainnya yang berkaitan dengan izin acara. Mengingat belum semua kecamatan bisa menggelar keramaian/hajatan di siang dan malam hari, salah satunya di Kecamatan Babakan.

Seperti disampaikan oleh Dudung, seorang pekerja seni yakni jasa penyewaan sound system asal Desa Pakusamben, Kec Babakan, Kabupaten Cirebon. “Ya, saya cuma mau minta kepastian seperti apa sebenarnya kondisi di Babakan ini, karena kan di kecamatan lain sudah boleh hajatan, mengelar keramaian di siang dan malam hari. Seperti di Pabedilan, Pangenan, Ciledug, Waled dan lainnya. Tapi kok di Babakan belum bisa, apa alasannya,” ungkapnya kepada JP.

Sementara itu, musisi lainnya, Adi, mengaku banyak sekali job yang dibatalkan padahal Ia sudah menerima DP. “Tetangga saya sendiri mau hajatan belum boleh malam hari. Padahal sudah ngasih DP untuk event musik,” keluh pemain bass senior ini.

Keluhan lainnya juga disampaikan oleh Ahmad Fauzan selaku Pengusaha Travel dari DE Tour & Travel Cirebon yang juga mendapatkan klien di wilayah Kecamatan Babakan. “Rencananya tanggal 23 Oktober ini, kami mau berwisata atau nge~trip ke luar kota bersama salah satu instansi pemerintahan di Kec Babakan. Tapi karena belum ada kepastian terkait zona di Kecamatan Babakan maka pihak klien kami juga belum berani memutuskan untuk berangkat dan terancam batal. Untuk itu, kami berharap kepastian secepatnya dari Tim Gugus Tugas Covid 19 Babakan,” terang Ozan begitu Ia akrab disapa.

Guna menuntaskan keresahan tersebut, tim JP pun langsung melakukan konfirmasi kepada para pihak terkait yakni Kapolsek Babakan AKP Pardi SH dan juga Camat Babakan Asep Nurdin, Selasa (20/10/2020). Menurut keterangan Kapolsek Babakan, saat ini memang Kecamatan Babakan sudah masuk zona hijau tetapi untuk memberikan statement hal itu bukan menjadi kewenangannya.

Mendapat jawaban tersebut JP pun langsung meluncur ke Kantor Kecamatan Babakan guna menemui Camat. Namun saat itu camat sedang tidak di kantor danJP ditemui oleh Warwan, selaku Mantri Polisi (MP) Kec Babakan yang juga tergabung dalam Tim Keamanan Satagas Covid-19 Kecamatan Babakan.

“Hiburan boleh siangnya saja karena waktu itu masih zona kuning sehingga malam hari belum boleh ada keramaian, khususnya hiburan di tempat hajatan. Nah, sekarang kan sudah masuk zona hijau tapi untuk kepastiannya kami akan menggelar rapat koordinasi (Rakor) terlebih dahulu. Secepatnya akan kami umumkan hasil rakornya kepada masyarakat,” ungkap Warman seraya meminta semua pihak untuk bersabar.

Ia menjelaskan, status Kecamatan Babakan masuk zona hijau sendiri baru masuk kemarin sore atau Senin (19/10/2020) sore. Adapun update informasi tentang zonasi ini secara rutin di update setiap 2 minggu sekali. “Kita masuk zona kuning waktu itu karena ada salah seorang warga kami yang sedang di isolasi mandiri yakni warga Desa Bojong Gebang. Tapi Alhamdulillah kini sudah masuk zona hijau,” pungkasnya. (jay/crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.