Home » Cirebon » Kadinkes: Isolasi Nakes Kab Cirebon Tak Jadi di RS Paru, Lagi Cari Hotel

Kadinkes: Isolasi Nakes Kab Cirebon Tak Jadi di RS Paru, Lagi Cari Hotel

CIREBON – Pemerntah Kabupaten (Pemkab) Cirebon melalui Dinas Kesehatan setempat telah melakukan survei langsung ke Rumah Sakit Paru (RSP) Sidawangi milik Pemprov Jabar pada Kamis (19/11/2020) guna memastikan kelayakan RS tersebut sebagai tempat isolasi untuk para tenaga kesehatan (nakes) dan masyarakat Kabupaten Cirebon.

Keesokan harinya, setelah survei tersebut JP kembali mengkonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kab Cirebon Enny Suhaeni. Namun ia mengatakan bahwa usai survei pihaknya tetap akan mencari hotel sebagai tempat isolasi. Demikian disampaikan Enny pada Jumat (20/11/2020) pagi beberapa saat setelah pihaknya dikirimi berita JP tentang jawaban Dinkes soal pemilihan RSP Sidawangi sebagai tempat isolasi yang sempat dibilang tidak manusiawi sebagai tempat isolasi oleh nakes.

“Kita tetap berusaha cari hotel, ga jadi di RS Paru-nya,” tulis Enny dalam pesan whatsapp. Saat ditanya alasannya mengapa tidak jadi di RSP Sidawangi, Ia menjawabnya diplomatis. “Tempat sangat memadai, nyaman, dan enak. Lingkungan juga mendukung asri banget hanya masih perlu di bahas lagi,” terangnya.

Sementara itu, adanya pembatalan tempat isolasi di RS sidawangi tersebut disambut baik oleh nakes yang juga sempat membuat surat terbuka kepada Pemkab, yakni Rakhmat Hidayat.

“Baguslah kalau memang cari hotel. Nakes sakit itu butuh ketenangan dan kenyamanan saat isolasi dan rehabilitasi serta dukungan nutrisi yang baik, bukan Rumah Sakit tentunya dong. Anggaran Covid kan banyak masa perhatian untuk nakes yang sakit diabaikan. Tenaganya nakes dipakai saat mereka sehat, masa ketika mereka sakit hak-hak mereka tidak dipenuhi secara layak,” kata Rakhmat.

Sebagai tambahan informasi, sejumlah tenaga kesehatan di beberapa puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon terkonfirmasi positif covid. Sedikitnya ada 10 Puskesmas yang melakukan penutupan pelayanan karena para tenaga kesehatan di sana terpapar covid 19. Atas kejadian tersebut Pemkab tengah berupaya mencarikan tempat isolasi yang layak bagi mereka.

Awalnya, berdasarkan hasil rapat dengan Sekda Kab Cirebon dipilih RS Paru Sidawangi sebagai tempat isolasi namun belakangan lokasi tersebut dibatalkan dan kini tengah mencari hotel sebagai alternatif ruang isolasi para nakes juga masyarakat Kabupaten Cirebon yang terpapar covid 19. (jay)

Baca berita sebelumnya: Kadinkes: RSP Jadi tempat Isolasi, Ga Manusiawinya Dimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.