Home » Bekasi » Polisi Jaga Ketat Enam Lokasi Potensi Keramaian di Tambun Jelang Tahun Baru

Polisi Jaga Ketat Enam Lokasi Potensi Keramaian di Tambun Jelang Tahun Baru

BEKASI – Jelang pergantian tahun 2020-2021, anggota kepolisian Polsek Tambun Polres Metro Bekasi menjaga ketat enam lokasi yang biasa dijadikan warga untuk berkumpul saat malam tahun.

Kapolsek Tambun, AKP Gana Yudha mengatakan, dari enam lokasi, yakni empat di wilayah Kecamatan Tambun Selatan, dan dua di wilayah Kecamatan Tambun Utara. Sedangkan untuk di Tambun Selatan, yakni area seputar Metland Tambun, Grand Wisata, Puri Cendana dan Gedung Juang 45.

“Dan Tambun Utara, ada di Mutiara Gading dan Perumahan Taman Alamanda Regency, Karangsatria,” beber Kapolsek, Kamis (31/12/2020) malam.

Ia mengungkapkan, dari sejumlah titik itu merupakan lokasi utama dalam penjagaan untuk mencegah kerumunan warga saat malam tahun baru. Meski demikian, spot atau area lain akan dilakukan pencegahan kerumunan dengan cara berpatroli yang dibagi tiga tim.

“Jadi enam itu fokus utama, tapi yang lain juga tetap kami awasi. Ada tiga tim tergabung dari unsur polsek, koramil, kecamatan dan elemen masyarakat untuk patroli,” katanya.

Kapolsek menambahkan, teknis pelaksanaan pengamanan kali ini berbeda dengan tahun lalu. Bukan hanya keamanan yang dijaga, akan tetapi kesehatan masyarakat dijaga di tengah pandemi corona ini.

“Anggota di lapangan, akan menghimbau mengingatkan agar penerapan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Untuk tahun baru ini tegas tidak boleh ada kerumunan,” tukas Gana.

Tak hanya di area pubilk, di lingkungan permukiman warga juga dilakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan saat perayaan tahun baru 2021. Masyarakat dihimbau agar tidak berkerumunan saat merayakan tahun baru di area lingkungan rumahnya.

“Untuk pencegahan kerumunan di lingkungan permukiman semisal RT RW, kami sudah berikan surat ke seluruh desa untuk melakukan pengawasan itu, termasuk kami libatkan ormas dan elemen masyarakat mencegah kerumunan di area permukiman,” paparnya.

Tiga Pilar Tambun Kabupaten Bekasi menggelar apel pengamanan malam tahun baru 2021, di halaman Polsek Tambun, pada Kamis (31/12/2020) malam.

Kapolsek menambahkan, pengamanan malam tahun baru 2021 bukan hanya mengamankan dari tindak kejahatan kriminalitas. Akan tetapi juga, pengawasan penerapan protokol kesehatan serta pencegahan terjadinya kerumunan warga.

“Jadi tegas ya, sesuai intruksi pemerintah pusat, kapolri, polres, pemprov jawa barat dan pemkab bekasi, tidak boleh ada kerumunan perayaan tahun baru. Maka tugas ini mencegah itu,” kata Gana.

Ada 100 lebih personil gabungan, dari Polsek, Koramil, Kecamatan dan Pokdar turut dalam pengamanan serta pembubaran kerumunan.

“Personil Polsek ada 51, kemudian Kecamatan Tambun Selatan, Kecamatan Tambun Utara, koramil dan unsur masyarakat. Total semua personil bisa 100 lebih,” ucapnya.

Gana mengungkapkan sesuai kebijakan, semua tempat kepariwistaaan ditutup pada 31 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021.

“Maka kita akan patroli ke wilayah-wilayah memastikan itu semua tutup dan tidak terjadi kerumunan,” pungkasnya. (Jar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.