Home » Cirebon » Hebat! Sisa Dana Desa Pabuaran Lor Dipakai Untuk Perbaiki Jalan

Hebat! Sisa Dana Desa Pabuaran Lor Dipakai Untuk Perbaiki Jalan

CIREBON – Memasuki awal tahun 2021, Pemerintah Desa (Pemdes) Pabuaran Lor, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon langsung melakukan gebrakan hebat.

WAWANCARA – Kuwu Pabuaran Lor (kanan) saat diwawancarai redaksi JP di lokasi perbaikan jalan, Minggu 3 Januari 2020.

Konkritnya yakni dengan memanfaatkan sisa penggunaan dana desa (DD) tahap III Tahun 2020 sebesar Rp 60 juta untuk membangun infrastruktur berupa pengaspalan jalan sepanjang kurang lebih 300 meter di Blok 1, melalui program Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Jelas langkah ini disambut baik oleh masyarakat setempat. Mengingat hampir di semua desa, selama covid-19 tahun 2020 lalu nyaris tidak ada pembangunan infrastruktur, karena anggaran DD hampir seluruhnya terserap untuk bantuan langsung tunai (BLT).

Dari pantauan JP, Minggu (3/1/2021), Kuwu Pabuarab Lor, Hery Castari memantau langsung jalannya pekerjaan perbaikan jalan dengan konstruksi aspal di Blok 1.

“Setelah menggelar rapat bersama BPD dan pihak terkait akhirnya diputuskan bahwa pemanfaatan sisa dana desa tahap 3 ini dipakai untuk perbaikan jalan di Blok 1 ini karena jalur ini adalah jalan utama yang sudah lama tidak diperbaiki. Tujuannya selain untuk akses sehari-hari warga kami agar nyaman, juga agar memudahkan saat ada jenazah yang hendak dimakamkan,” ungkap Hery.

Sementara itu, Anggota Babinsa Desa Pabuaran Lor Muhamad Ali Sopandi menambahkan bahwa pengerjaan sudah dilakukan selama tiga hari mulai dari struktur pemadatan jalan, pengerasan, hingga pengaspalan ini berjalan lancar.

“Alhamdulillah, kegiatan semuanya dalam keadaan aman terkendali, apalagi sumbangsih serta peran serta masyarakat juga cukup antusias,” ujar Anggota TNI yang juga pernah bertugas di Zeni Konstruksi ini.

Pengaspalan jalan ini disambut baik warga setempat. Seperti disampaikan Uripah warga Dusun 1. “Saya senang sekali, bagus dan kerjanya disiplin. Sebelumnya, jalan ini kerusakannya lumayan parah, malah sebelum diaspal suka ada yang kecelakaan. Kalau bisa, nanti setelah mulus jalannya dipasang polisi tidur pak, karena disini banyak anak-anak, khawatir ada yang ngebut,” harapnya.

Senada dengan Untung (80 tahun), warga lainnya di Dusun 1. Dia mengaku bahagia jalan di depan rumahnya itu diperbaiki. “Alhamdulillah, perasanne ya bongbong mas, awale jalan iku mboten grinjul malih, tapi bergelombang (Perasaannya ya lega Mas, awalnya bukan hanya rusak tapi jalan itu juga bergelombang),” katanya. (jay/adi)

GALERI foto jalan sebelum, proses pengerjaan dan setelah perbaikan. Lokasi: Blok 1 Desa Pabuaran Lor. Tampak perbedaan yang kontras antara sebelum diperbaiki dan sesudah diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.