Home » Cirebon » Makin Rusak & Berbahaya! Simpang Jalan Pabrik Gula Babakan Kapan Diberesin?

Makin Rusak & Berbahaya! Simpang Jalan Pabrik Gula Babakan Kapan Diberesin?

CIREBON – Kabupaten Cirebon dan sekitarnya telah memasuki musim penghujan, tak terkecuali di wilayah Cirebon Timur. Hal ini jelas berpengaruh pada rusaknya sejumlah infrastruktur seperti Jalan. Salah satu ruas jalan yang rusak parah berada di Jalan Pangeran Sutajaya, tepatnya di persimpangan Pabrik Gula Babakan – MTsN 1 Babakan (Cirebon) atau seberang Alfamart.

Kerusakan jalan di sana semakin hari semakin parah dengan kontur lubang yang besar dan menganga hampir di seluruh bagian jalan. Kedalamannya pun lumayan. Kondisi tersebut semakin menyiksa saat hujan turun karena jalan yang rusak tadi menjadi becek dan menyisakan genangan. Hal ini jelas membahayakan pengguna jalan yang melintas terlebih pengendara sepeda motor. Karena banyak juga pengguna jalan khususnya luar Cirebon yang tak tahu ada jalan berlubang yang siap ‘menjebak’mereka. Alhasil, para pengendara pun menggunakan lajur  bahu jalan sebelah kiri dan kanan untuk menghindari terperosok ke dalam lubang. Seperti terpantau kamera JP, Rabu (13/1/2021), di mana kondisi jalan sedang tergenang air.

Agus, warga Desa Pakusamben – Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, sudah mengeluhkan kondisi kerusakan jalan tersebut sejak lama. “Hampir tiap hari saya lewat sini. Sejak akhir 2020 kondisinya sudah rusak dan makin kesini makin rusak tanpa ada penanganan. Harapannya ya segera diperbaiki karena semakin berbahaya untuk pengguna jalan,” ungkapnya.

Hal Senada juga disampaikan Furqon, Warga Desa Kalipasung, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. Hampir setiap hari saat bertugas, Ia melintasi jalur tersebut. Dia pun menyayangkan minimnya perhatian pemerintah dalam memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak “Di sepanjang jalan Pangeran Sutajaya ini sebetulnya bukan hanya di persimpangan pabrik gula saja mas yang rusak, tapi memang disitu yang terparah. Cepatlah diperbaiki minimal dengan menambal jalan. Kasihan para pengguna jalan,” harap pria yang bekerja sebagai aparat itu.

Dia juga menjelaskan titik-titik lain yang juga rusak parah seperti di depan kantor pos Babakan, di perlintasan rel kereta api stasiun Babakan, di sekitar Kantor Kecamatan Pabuaran,  dan di areal Pasar Sayur Pabuaran.

Hingga berita ini diturunkan, tim redaksi JP masih menunggu kepastian dinas PUPR Kab Cirebon terkait soal kapan pihaknya akan melakukan perbaikan jalan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon, Hermanto mengatakan, proyek peningkatan jalan akan menjadi catatan dan sorotan pihaknya. Dirinya mengaku akan serius menangani masalah tersebut, yaitu jalan rusak dan proyek yang ditinggal kabur kontraktor.

“Kami akan panggil Dinas PUPR, karena pembangunan infrastruktur di Kabupaten Cirebon faktanya begini kasat mata jika kualitasnya jelek,“ Kata Hermanto dalam agenda sidak di Kec Mundu, belum lama ini.

Hermanto menyatakan, pihaknya selalu siap menerima masukan dari masyarakat, baik secara pribadi maupun langsung ke DPRD Kabupaten Cirebon. Selain itu, dirinya berharap peran serta media masa dalam mengawal aspirasi masyarakat.

Sementara itu, khusus menyikapi soal kerusakan jalan di Jalan Pangeran Sutajaya, Hermanto menegaskan akan memfollow up masalah tersebut langsung kepada Kepala Bidang terkait di dinas PUPR Kabupaten Cirebon. “Terima kasih infonya akan saya atensi langsung ke kabid-nya,” tegas Hermanto yang langsung menelepon pejabat terkait. (jay/jp)

MASYARAKAT MENUNGGU SEGERA PERBAIKAN JALAN DI JALAN PANGERAN SUTAJAYA SEBELUM JATUH KORBAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.