Home » Cirebon » Gandeng Forkolim, Santo Thomas Ciledug Gulirkan Modal untuk UMKM

Gandeng Forkolim, Santo Thomas Ciledug Gulirkan Modal untuk UMKM

CIREBON – Yayasan yang menaungi Gereja Santo Thomas (Santom) Kecamatan Ciledug, melakukan gebrakan brilian di awal tahun 2021 yakni dengan menggandeng Forum Komunikasi Lintas (Forkolim) guna menyelenggarakan program pinjaman modal untuk masyarakat terdampak covid 19.

JALINAN KOMUNIKASI DAN KEKOMPAKAN ANTARA FORKOLIM & SANTO THOMAS

Adapun sasaran dari program tersebut yakni para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Demikian disampaikan Herman selaku Ketua Forkalim saat ditemui di Waterboom Jempol, Rabu (17/2/2021). “Bentuk programnya berupa pinjaman modal bergulir dengan bunga super ringan yakni hanya 1 persen. Dan kami sendiri dari Forkolim membantu dalam tahap penyeleksian para penerima bantuan modal ini, yang rencananya akan dilakukan pada Bulan Maret – April 2021,” terangnya.

Ia menjelaskan, pada tahap 1 ini akan dibentuk dengan kelompok-kelompok dan untuk Kecamatan Ciledug, sementara ini diberikan kuota satu kelompok dulu. “Ke depan, tidak menutup kemungkinan jika program ini berhasil dan mendapatkan respon positif dari masyarakat maka akan kembali digulirkan program serupa dengan sasaran yang lebih besar lagi, sehingga harapannya manfaat yang diberikan pun menjadi lebih besar, terlebih di masa pandemi yang hingga kini masih merudung negeri ini,” terangnya.

Guna membahas secara matang program pinjaman modal tersebut, Forkolim bersama pihak Santo Thomas yang diwakili oleh Romo Rudi menggelar pertemuan belum lama ini.

Sementara itu, gebrakan lainnya yang dilakukan Forkolim bersama Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) juga sedang menggagas sarana ibadah dan tempat diskusi di Desa Ciledug Tengah. “Tempat sudah ada bahkan dengan Muspika Ciledug juga sudah menggelar pertemuan guna membahas masalah perizinan dan lainnya,” ungkap Herman.

Sedangkan di singgung mengenai aktivitas Tahun Baru Imlek 2021, pihaknya meniadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat mengundang kerumunan massa seperti halnya upacara Capgomeh dan sejenisnya mengingat kondisi masih dalam suasana covid dan PPKM. (jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.