Home » Cirebon » Intip Yuk! Komponen PC Rakitan Paling Keren Tahun 2021

Intip Yuk! Komponen PC Rakitan Paling Keren Tahun 2021

HALLO pembaca JP! Kita ketahui, teknologi semakin berkembang pesat diawal 2021 ini. Dan salah satu penunjang kinerja di dunia digital adalah komuter alias PC yang baik. Tapi tahu gak sih, PC yang baik, benar dan keren itu yang gimana?

PC RAKITAN 2021 YANG RECOMENDED BANGET DAN PASTINYA BIKIN NGILER.
foto: Hanif AP

Nah, kali ini, JP Techno akan memberikan informasi mengenai gimana sih caranya merakit sebuah komputer dan gimana cara menentukan komponen-komponen terbaru yang akan diterapkan di tahun 2021, terlebih banyak yang bilang tahun ini adalah tahunnya rakit komputer. Simak yuk!

1. Processor/CPU

Salah satu faktor penting dalam pembuatan Personal Computer atau biasa sering disebut PC itu adalah processor. Banyak sekali processor yang beredar di pasaran nih. Pasti pembaca bertanya-tanya mengenai jenis processor mana yang harus dibeli, kan ?

Seperti yang kita ketahui, ada dua perusahaan besar yang menyediakan si processor/CPU ini. Mereka adalah Intel dan AMD. Masing – masing brand mempunyai keunggulannya tersendiri. Baik itu dari segi peforma, harga, kinerja, suhu, dll.

Beberapa tahun kebelakang, intel sangat menguasai pasar processor ini. Mulai dari seri i3, i5, i7. Dan di stiap seri nya itu pun mempunyai generasi generasi chipset yang semakin di perbaharui setiap tahunnya (Generasi 2, 3, 4, dan 7)

Intel mempunyai keunggulan tersendiri dibanding kompetitornya. Yaitu keunggulan mengenai suhu dan daya yang diperlukan. Bagi processor intel, suhu yang diperoleh saat kita melakukan kerja full bisa dibilang rendah dan memakan konsumsi listrik yang tidak terlalu banyak.

Bagi AMD, untuk melakukan kerja sekeras intel perlu dibutuhkan konsumsi listrik yang lebih besar. Dan pasti, dengan konsumsi listrik yang lebih besar, suhu processor pun akan meningkat. Namun jangan anggap remeh kekurangan itu. Dengan dibutuhkannya konsumsi listrik dan suhu yang lebih besar, AMD bisa menawarkan kinerja yang lebih cepat dari beberapa jenis processor Intel yang beredar sekarang ini. Selain itu, processor dari AMD ini pun memiliki harga yang relatif lebih rendah dibanding dengan kompetitornya, Intel.

Rekomendasi processor/CPU 2021:

Intel: Intel Core i5-10600K
AMD: AMD Ryzen 3 3300X

2. Motherboard/Mainboard

Motherboard ini gak kalah pentingnya loh. Selain CPU, motherboard juga merupakan komponen utama yang sama kasta nya dengan CPU. Dan kedua komponen ini merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan. Itulah kenapa motherboard ini menjadi salah satu komponen utama dalam perakitan komputer/PC.

Banyak sekali merk-merk yang menjual motherboard. Contohnya Asus, Gigabyte, MSI, AsRock, dll. Pada dasarnya semuanya ini sama. Hanya saja, setiap merk mempunyai keunggulannya sendiri dari segi fitur yang ditawarkan.

Point ter-penting dalam pemilihan motherboard adalah jenis socket. Socket ini digunakan untuk menampung CPU tadi. Yang mana dari setiap seri CPU itu memiliki kompabilitasnya masing-masing.

Rekomendasi Merk Motherboard:

– Asus
– MSI
– Gigabyte

3. Random Access Memory/RAM

Saat merakit sebuah PC, pastinya kita ingin peforma yang optimal kan ? Karena, percuma juga CPU dan Motherboard sudah keren tapi tidak didukung oleh RAM yang berkapasitas dan berkecepatan tinggi.

Untuk kebutuhan sekarang ini, minimal RAM yang harus kita gunakan adalah sebesar 16B 3600Hz. Dengan kapasitas sebesar itu dan kecepatan segitu, komputer kita akan optimal kinerjanya. Pokoknya, semakin besar RAM maka akan semakin baik juga komputer kita dalam melakukan multitasking

Rekomendasi RAM 2021:

1. TEAM XTREEM ARGB 16GB DDR4-3600MHz C14
2. G.Skill Trident Z Neo 16GB DDR4-3600MHz

4. CPU Cooler/Pendingin Processor

Ngomongin soal komputer yang bekerja dengan optimal, komponen ini sangat wajib juga untuk dibeli. Siapa sih yang mau komputernya rusak karena overheat ? siapapun pasti tidak menginginkan hal itu terjadi.

Fungsi dari CPU Cooler ini seperti namanya. Yaitu untuk mendinginkan processor kita yang bekerja. Kita manusia pun rasanya malas sekali bekerja kalau sedang demam. Begitupun dengan CPU.

Tanpa CPU Coler, processor yang kita pasang akan mengalami kenaikan suhu yang pastinya gak kira-kira. Apalagi kalo PC nya digunakan untuk kerja berat. wah, pasti berasap tuh. hihihi.

Rekomendasi Merk CPU Cooler 2021

1. NZXT.
2. Deepcool
3. Gammax
4. Noctua

5. VGA Card/GPU

Kalo kita membicarakan VGA, sepertinya tidak akan selesai dalam 1 artikel saja. Tapi yang jelas, VGA ini adalah komponen paling drama saat kita merakit sebuah komputer. Terlebih lagi di awal tahun 2021 ini, harga VGA sedang mengalami kenaikan gila-gilaan. Bahkan ada beberapa VGA yang mengalami kenaikan harga 10jt-an dari harga aslinya

Untuk pemilihan VGA sendiri, hanya ada 2 perusahaan nih yang menyediakan VGA. Yaitu NVIDIA dan Radeon dari AMD. Sebetulnya, dari Intel pun punya produk VGA sendiri. Hanya saja, intel lebih memfokuskan VGA nya untuk laptop dan komputer-komputer kecil saja. Jadi untuk masalah VGA di 2021, Intel, bye. Meskipun hanya ada 2 merk VGA, namun mereka memiliki seri yang banyak sekali karena peforma dan komponennya harus selalu ditingkatkan setiap tahun mengikuti perkembangan grafis yang ada sekarang ini.

Pemilihan VGA bisa ditentukan dari keperluan para pembaca sekalian. Untuk main game dan rendering ? ada seri GTX dari Nvidia dan seri RX dari AMD Radeon. Dan untuk mining, VGA terbaik jatuh kepada Nvidia Geforce seri RTX. Sementara untuk kebutuhan lainnya yang ringan ringan, mungkin seri GT dari Nvidia dan seri VEGA dari Radeon.

Rekomendasi VGA mid-end 2021:

1. Nvidia Gefoce GTX 1050Ti
2. Radeon RX-560

6. Harddisk/HDD

Setelah memilih CPU, motherboard, dan VGA, saatnya kita tentukan komponen untuk media penyimpanan. Dalam hal ini, yang akan kita bahas adalah Hard Disk/HDD. Meskipun ada Solid State Drive/SSD yang lebih cepat pengelolaan file nya daripada HDD, disini yang kita bahas adalah storage yang kiranya terjangkau bagi seluruh kalangan.

Lalu berapa storage yang dibutuhkan di tahun 2021 ini ? Di tahun 2021 ini, minimal storage yang kita butuhkan adalah 1 Terrabyte/1TB. Itupun nantinya akan dipisah menjadi 2. 500GB untuk system, dan 500GB untuk data-data yang kita miliki.

Rekomendasi merk HDD 2021:

1. Western-Digital Blue/Black 1TB
2. Seagate Barracuda 1TB

7. Power Supply (PSU)

Sekarang kita bahas komponen yang gak kalah penting juga nih. Dan kayaknya, inilah yang paling paling paling penting dari semua komponen yang udah kita bahas sebelumnya. Mau sebagus apapun komponen yang kalian pilih, semuanya percuma saja tanpa adanya supply listrik dari PSU ini.

Pilihlah PSU yang akan kalian gunakan untuk menyuplai daya ke seluruh komponen tadi. Cara memilihnya adalah dengan menghitung semua daya yang dibutuhkan komputer + 15% dari nilai tersebut untuk berjaga jaga.

Contohnya, seluruh komponen komputer yang akan dirakit memerlukan daya 500watt. Maka besarnya PSU yang dibutuhkan adalah 500 + (15:100×500) = 575 watt. Nah, berarti PSU yang harus kalian gunakan adalah PSU 575Watt atau 600 watt.

Rekomendasi PSU 2021

1. Seasonic SSR-650FX Focus Plus
2. Corsair RM650X / RM600X

8. Casing

Setelah semuanya sudah ditentukan, barulah kita tentukan lagi casing yang akan kita gunakan. Untuk pilihan casing, sebetulnya tidak ada kriteria khusus. Tetapi alangkah baiknya jika memilih casing yang mempunyai saluran udara/ventilasi yang baik.

Rekomendasi Casing 2021

1. NZXT
2. Dazumba
3. Armageddon
4. Gamememax

9. Komponen Pendukung

Bagian terakhir adalah menentukan komponen pendukung. Seperti monitor, keyboard, mouse, headset, speaker, dll. Karena percuma juga komputer bagus tapi tidak pakai monitor dan kawan-kawannya

Itulah penjelasan cara membangun dan menentukan komponen PC yang benar untuk keperluan digital di tahun 2021 ini. Oya satu lagi, semua komponen diatas haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dan dompet kita masing-masing. (nif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.