Home » Cirebon » Mulai Rekrut Pekerja, PT. Longrich Punya PR Tuntaskan Pengangguran Di Cirebon Timur

Mulai Rekrut Pekerja, PT. Longrich Punya PR Tuntaskan Pengangguran Di Cirebon Timur

CIREBON – Pabrik Sepatu PT. Long Rich Indonesia yang berlokasi di Desa Sidaresmi, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, kini sudah mulai merekrut dengan membuka info lowonga kerja.

PIRMAN – KUWU SIDARESMI

Dari kabar tersebut Jabar Publisher langsung mendatangi kantor kuwu setempat untuk meminta keterangan tentang lowongan kerja yang akan ditempatkan dibagian produksi yang kabarnya diprioritaskan untuk warga Kecamatan Pabedilan.

Kuwu Sidaresmi Pirman saat dikofirmasi wartawan JP senin (1/2/2021) mengatakan pembangunan pabrik sepatu yang sedang berjalan masih membutuhkan waktu yang lama untuk sampai selesai. “Namun untuk rekrutmen pekerja sudah dibuka sebelumnya sudah dibuka rekrutmen untuk staf, sekarang dibuka untuk 551 tenaga operator,” katanya.

Ditambahkannya, sebelum pertemuan para kuwu se Kecamatan Pabedilan dengan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Kuwu Pirman sebagai perwakilan dari para Kuwu telah bertemu dengan pihak PT. Long Rich Indonesia, Camat Pabedilan dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menghasilkan kesepakatan bersama untuk memprioritaskan warga Kecamatan Pabedilan untuk pengisian kebutuhan tenaga kerja.

“Kuwu diminta untuk mendata berapa banyak warga yang mengangur, yang mempunyai skill maupun non skill yang memenuhi persyaratan sebagai tenaga kerja di PT. Long Rich Indonesia nantinya,” ujar Pirman.

Dengan kesepakatan tersebut, imbuh dia, tentunya akan menguntungkan desa-desa di kecamatan Pabedilan, minimal akan mengurangi pengangguran dan memberikan penghasilan bagi mereka.

“Kemungkinan akan dibutuhkan kurang lebih 10 ribu pekerja kedepannya, tentunya pengangguran bisa saja tidak ada jika warganya tidak malas,” ungkapnya.

Kemudian untuk mempersipkan tenaga kerja yang handal, ia telah menyampaikan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cirebon untuk dibangun BLK di wilayah Timur Cirebon.

“Sementara sebelum ada Balai Latihan Kerja (BLK), disepakati di gedung Kecamatan Pabedilan untuk tempat pelatihannya,” ujarnya.

Pirman berharap, kerjasama dengan PT. Long Rich Indonesia bisa berjalan sesuai harapan dan warga dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Tujuan adanya kerjasama ini tentunya positif, agar Kuwu mengetahui warganya yang belum bekerja yang terpenting mempunyai skill

Sementara itu Hj. Ismiyatul Fatihiyah Yusuf, B.COM., MPA, Anggota DPRD Kab Cirebon yang sekaligus warga dari Kec. Pabedilan saat dikonfirmasi melalu whatsapp, Selasa (2/3/2021) mengaku menyambut baik adanya rekrutmen tersebut. “Saya menyambut baik informasi perekrutan naker oleh PT. Longrich ini. Harapannya tentu mampu mengurangi pengangguran di wilayah sekitar. Memang belum bisa menyerap dalam jumlah banyak untuk di awal ini karena infrastruktur pabrik juga belum sepenuhnya rampung. Seiring selesainya pembangunan tentu makin menyerap banyak naker,”  ungkap Anggota DPRD yang dibilang mirip Nissa Sabyan ini.

Hj. Ismiyatul Fatihiyah Yusuf, B.COM., MPAAnggota DPRD Kab Cirebon

Anggota DPRD dari Fraksi PKB yang akrab disapa Ismi ini menambahkan, bahwa masalah perekrutan naker tersebut juga sudah dibahas dengan FKKC Pabedilan.

“Yang perlu jadi catatan dan sudah dibahas bersama FKKC Pabedilan kemarin antara lain yaitu memulai perekrutan naker dari wilayah terdekat dengan pabrik, lalu terus berkembang seiring kebutuhan industri, membangun dan menjaga situasi agar aman dan kondusif bagi pelaku industri, pekerja, dan lingkungan sekitar, kemudian mengawal proses rekrutmen bersifat transparan dan fair. Disepakati pula pada pertemuan itu untuk menolak outsourcing, bahwa goalnya adalah mengurangi pengangguran dan peningkatan ekonomi masyarakat. Selanjutnya para kuwu akan mendata potensi SDM di desa masing-masing dan akan mengkomunikasikan ke pihak Longrich untuk nantinya diseleksi sebagai pekerja,” pungkas Ismi. (adi)

16 comments

  1. Erfina junitasari

    Nice

  2. Semoga semua infrastruktur pabrik secepatnya rampung agar bisa merekrut naker dari luar kecamatan

  3. Ahmad Fadli Al Furqon

    Saya memiliki skill dalam bidang konstruksi terutama scaffolding saya juga mempunyai kompetensi kerja dibidang tersebut apakah ada nomor yang bisa dihubungi
    WA 08974482417

  4. Wah q dah GK memenuhi syarat,padahal pengen kerja apa kek yg penting ad pemasukan.smoga ada lowongan utk q.Aamiiin

  5. Jika butuh Kepala gudang saya memiliki pengalaman mengelola Gudang , dan saat ini saya masih bekerja di Tangerang sebagai kepala gudang ,pengalaman kerja saya lebih dari 10 Tahun ,saya ber KTP di desa Losari Lor dekat dengan lokasi pabrik. Saya lulusan sarjana Ekonomi Bogor nomer HP saya 0878 7895 9348 sekiranya saya bisa bergabung ..saya ucapkan terima kasih ..tujuan saya agar dekat dengan keluarga dan bisa berziarah ke makam orang tua setiap satu minggu sekali

  6. Hanif Badarudin

    Sya berpengalaman d bidang itu dan perna kerja d pabrik sepatu selama 9 tahun PT nikomas gemilang

  7. Semoga ada rejeki

  8. Saya pengalaman bekerja dipabrik sepatu selama 2 tahun smg saya bisa di terima di PT.long rich karena deket dari rmh nomer hp saya 089660830216

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*