Home » Cirebon » Desa Dompyong Wetan Jadi Tuan Rumah Vaksinasi, Begini Ulasannya

Desa Dompyong Wetan Jadi Tuan Rumah Vaksinasi, Begini Ulasannya

CIREBON – Kegiatan vaksinasi di Kabupaten Cirebon terus bergulir, salah satunya di Kantor Desa Dompyong Wetan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Kamis (18/3/2021) pagi.

SUASANA VAKSINASI COVID-19 DI DESA DOMPYONG WETAN (WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS KALIMARO)

Desa yang dipimpin oleh Kuwu Warna S.Pd ini didaulat sebagai tuan rumah penyelenggaraan vaksinasi membawahi beberapa desa yang termasuk dalam wilayah kerja UPT Puskesmas Kalimaro. Adapun sasarannya yakni para kuwu, pamong desa, dan para pelayan masyarakat.

Saat tim JP ke lokasi pukul 09.00, acara diawali dengan sambutan dan penyuluhan edukasi dari Tim Puskesmas Kalimaro yang bertujuan agar masyarakat paham tujuan vaksinasi serta alur saat vaksinasi dilakukan.

Kegiatan vaksinasi dimulai dari Kepala Desa Dompyong Wetan, Kuwu Warna, lalu diikuti para perangkat desa yang sudah hadir. “Betul, disini kita ditempati sebagai tuan rumah, khususnya untuk UPT Puskesmas Kalimaro ada 5 Desa yaitu Desa Gagasari, Kalimaro, Kalimekar, Dompyong Wetan, dan Dompyong Kulon. Jadwal hari ini adalah 3 Desa yaitu Gagasari, Kalimaro, dan desa Dompyong Kulon. Sedangkan jadwal vaksinasi sendiri dilakukan selama 3 hari sampai Senin depan,” ungkapnya.

Warna sendiri mengharapkan agar masyarakat ke depan bisa ikut serta dalam kegiatan vaksinasi agar efektifitas kesehatan masyarakat bisa maksimal. Bercerita pengalaman saat dirinya di vaksin, Warna menyatakan bahwa vaksinasi tak seseram yang dibayangkan.

“Sebetulnya diawal ada rasa ketakutan, tapi setelah divaksin rasanya ternyata seperti dulu waktu SD kita dicutat itu, tidak sakit kok dan tidak ada efek apa-apa. Masa kita kalah sama anak balita,” terang kuwu sambil memotivasi warganya.

Kepala UPT Puskesmas Kalimaro Witono, S.Kep, Ners,

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Kalimaro Witono, menyatakan bahwa target peserta vaksinasi hari ini ada 3 termin. “Untuk target hari ini kami ada 3 termin. Masing-masing termin kami menargetkan 17 perangkat desa. Kami harapkan semuanya bisa mengikuti vaksinasi. Namun itu tergantung, jika saat pemeriksaan (screening) ada yang kondisi kesehatannya tidak memungkinkan ya tidak lolos,” ungkap Witono.

WAWANCARA – Pemred JP Hasan Jay (kanan) saat mewawancarai Kapolsek Gebang AKP H. Tukijan S.H (kiri).

Adapun Kapolsek Gebang AKP H. Tukijan SH yang memantau lamgsung kegiatan vaksinasi menjelaskan kondisi PPKM yang kini sedang berjalan. “Kita amati, selama pelaksanaan PPKM Mikro, prokes ini sudah cukup maksimal. Bahkan rekan-rekan di desa sudah melakukan pelaksanaan di posko-posko sampai tingkat RW. Jadi PPKM mikro yang sudah dilaksanakan dengan maksimal ini menjadikan rasa optimis arapan Kecamatan Gebang ini bisa semakin menghijau (zona hijau-red),” pungkas Tukijan. (noe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.