Home » Cirebon » Beskem Cupang, Sabet Juara Kontes Hingga Banjir Orderan Se-Indonesia

Beskem Cupang, Sabet Juara Kontes Hingga Banjir Orderan Se-Indonesia

CIREBON – Geliat bisnis ikan cupang semakin hari semakin menjanjikan. Seiring dengan tren tersebut, berbagai komunitas pecinta ikan cupang pun bermunculan salah satunya yakni “Beskem Cupang” yang ada di Cirebon Timur tepatnya di Desa Dompyong Wetan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

PENGURUS BESKEM CUPANG TOMI HIDAYAT (KIRI) DAN RIFQI HABIBI (KANAN) BERFOSE USAI MENDAPAT JUARA DALAM EVEN KONTES IKAN CUPANG.

Meski baru dimanage secara serius, namun Beskem Cupang ini sudah berhasil menorehkan banyak prestasi. Yang terbaru yakni dengan membawa pulang Piala Brebes Betta Kontes. Dalam event tersebut, Beskem Cupang meraih Juara 2 untuk nominasi Kelas Original atau ikan cupang tanpa di make over atau di salon.

Pada kontes ikan cupang tersebut, sedikitnya ada 300 peserta yang berasal dari berbagai daerah seperti Kuningan, Majalengka, Cirebon, Brebes, Bumiayu, Tegal, dan masih banyak lagi.

Untuk diketahui, Beskem Cupang sudah mengikuti beberapa kali kontes mulai dari tahun 2020. Dari pengakuan Tomi Hidayat, salah satu anggota tim sekaligus pengurus Beskem Cupang, beberapa piala sudah berhasil mereka boyong.

“Ya kurang lebih kalau gak salah 7 kali kita ikut kontes dan alhamdulillah sudah 5 piala angka kecil berhasil kami bawa pulang mas,” ungkapnya.

Tomi menjelaskan, asal mula merintis Beskem Cupang Ia menggandeng Rifqi Habibi seorang IT handal yang juga pecinta satwa seperti ikan hias, burung merpati, kura-kura, burung kicau dan lainnya. Bersama Rifqi, Ia menyalurkan hobi ikan cupang sejak tahun 2012. Namun memang saat itu hanya sebatas hobi dan kolektor saja.

BUDIDAYA IKAN CUPANG DI BESKEM CUPANG

Kini Beskem Cupang terdiri dari 4 orang anggota dan sekaligus pengurus yaitu Rifqi Habibi, Tomi Hidayat, Zul Fazri dan Hendra Heryana. Ditangan empat jagoan ini ribuan ikan cupang kualitas paten seperti cupang jenis Bluerim, Avatar Gordon, FCCP, Multi Colour, Koi Galaxy, Crowntail, Nemo Galaxy, HMPK dan Black series berhasil dikembang-biakkan.

Soal harga yang ditawarkan pun sangat variatif, tergantung tingkat kecantikan dan series variant-nya, mulai dari Rp 50 ribu sampai dengan kisaran Rp 2 juta. Dan tentunya bisa nego.

Kini usaha ikan cupang makin ramai dan bukan sekedar hobi semata. Kecantikan corak warna ikan hias ini membuat orang-orang berlomba-lomba berburu ikan cupang meski harus merogoh kocek yang tak sedikit.

Tomi dan Rifqi pun sukses meramaikan pasar ikan cupang di Indonesia mulai dari daerah sampai ke luar Jawa via online. Bahkan banyak pula konsumen dari luar negeri yang tertarik dengan koleksi ikan hias dari Beskem Cupang.

Namun prosesnya yang cukup rumit dan tingkat resiko tinggi seperti ikan mati saat dalam perjalanan, membuat Tomi dan Rifqi tidak mau mengambil resiko yang akhirnya bisa mengecewakan konsumen. Sehingga dengan terpaksa orderan ikan cupang ke luar negeri dipending dulu untuk saat ini.

Kini perputaran ikan cupang di Beskem Cupang bisa sampai ratusan ikan ekor mulai dari satuan hingga partai. Adanya pandemi seolah bukan penghalang untuk terus melebarkan sayap bisnis.

Gimana, anda juga tertarik dengan ikan Cupang? Atau sudah hobi dan ingin nambah koleksi? Yuukk langsung otewe saja ke Beskem Cupang. Bingung dengan lokasinya? Tenang, Beskem Cupang sudah ada kok di Google Maps. Search aja! (noe)

KOMUNITAS PECINTA IKAN CUPANG BERFOTO BARENG

Contact Us:

Facebook : Tomi Hidayat
Instagram : @beskemcupang
Whatsapp : 083107588871

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.