Home » Cirebon » Keren..!! Waterboom Jempol Ciledug Ramai, Tapi Tetap Taat Prokes

Keren..!! Waterboom Jempol Ciledug Ramai, Tapi Tetap Taat Prokes

CIREBON – Fakta ramainya sejumlah objek wisata di Kab Cirebon termasuk kolam renang memang tak dapat dihindari sejak Hari H Lebaran, Kamis (13/5/2021) hingga hari ini, Senin (17/5/2021). Sebaaimana terpantau di Kolam Renang Jempol Ciledug yang baru kembali buka sejak full libur saat bulan puasa. Namun yang perlu digaris bawahi adalah, meskipun ramai destinasi di kolam renang yang bereda di Kecamatan Ciledug, Kab Cirebon itu tetap taat protokol kesehatan (Prokes).

BATASI – Pembatasan kapasitas pengunjung di Waterboom jempol dijaga ketat sejumlah petugas.

Hal ini dibuktikan dengan sejumlah kegiatan mulai dari pembatasan pengunjung sebesar 50 persen, penerapan sistem buka tutup, tersedianya fasilitas kesehatan, pelaksanaan test swab dengan hasil yang menggembirakan, dan upaya positif lainnya. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Herman, Pengelola Waterboom Jempol Ciledug Kepada JP, Senin (17/5/2021) atau pada H+4 Lebaran.  

“Sejak hari pertama buka pasca bulan puasa, kami langsung memberlakukan pembatasan kapasitas pengunjung yakni hanya diperbolehkan terisi sebanyak 50 persen saja. Artinya aturan buka tutup di sini diterapkan dengan baik. Sedangkan kaitan prokes kami juga berlakukan dengan ketat dengan dipantau langsung oleh Anggota Koramil Pabuaran dan Polsek Pabuaran,” ungkap Herman.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, pemerintah pemprov Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) juga sempat melakukan tes swab kepada ratusan pengunjung di kolam renang tersebut pada Sabtu 15 Mei lalu. Hasilnya pun cukup menggembirakan, dimana sebanyak 240 pengunjung dinyatakan negatif Covid-19.

“Alhamdulillah, hal ini karena terciptanya kerjasama yang baik antara pengelola, pengunjung dan tentunya satgas covid yang selalu memantau, berkeliling dan gencar memberikan himbauan kepada masyarakat. Jadi Insya Allah pelaksanaan prokes di sini sudah sesuai anjuran dan aturan pemerintah,” terang Ketua Forum Komunikasi Lintas Umat (Forkoloim) itu.

SWAB TEST – Pelaksanaan suatu tes di Waterboom jempol mendapatkan hasil yang menggembirakan. Dimana sebanyak 240 pengunjung dinyatakan negatif covid 19.

Adapun peraturan ketat lainnya yang diterapkan oleh pengelola waterboom Jempol selain pembatasan kapasitas pengunjung yakni wajib pakai masker, pengecekkan suhu tubuh dengan thermo gun, pemasangan spanduk himbauan di sejumlah areal waterboom agar mindset masyarakat bisa taat prokes sesuai himbauan pemerintah dan lainnya.

Sehingga tak berlebihan rasanya jika kolam renang Jempol Ciledug ini sukses melaksanakan aturan pemerintah khususnya Pemprov Jabar agar selalu taat prokes, baik dari sisi pengunjung maupun pengelola objek wisata. Hal ini sebagaimana disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Minggu (16/5/2021). Yang pada intinya agar pengelola wisata dan pengunjung bisa bekerjasama dengan baik dalam hal penegakkan disiplin prokes demi visi pulihnya negeri ini dari pandemi.

Sebagaimana diketahui, Pemda Provinsi Jabar dan pemerintah kabupaten/kota di Jabar juga memperketat pengawasan dan pengendalian terhadap destinasi selama Lebaran. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuturkan, prosedur penutupan destinasi wisata sejak awal sudah dirancang manakala terjadi lonjakan kunjungan wisatawan dan menghadirkan kerumunan di destinasi wisata.

“Prosedur penutupan itu bagian dari sistem yang kita lakukan manakala tempat-tempat pariwisata itu melonjak dan kurang terkendali. Tapi saya perlu sampaikan, mayoritas destinasi wisata di Jabar taat pada prokes,” katanya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (16/5/2021). 

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil un mengimbau kepada wisatawan dan pengelola destinasi wisata untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 di destinasi wisata. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang taat prokes dan pengelola wisata yang taat prokes, dan mengimbau untuk tetap taat prokes sesuai dengan situasi sekarang,” ucapnya. (crd/jay/adv)

TERIMA KASIH – Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan terima kasih untuk semua pengunjung dan pengelola destinasi wisata yang telah taat prokes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.