Home » Cirebon » Sabar..!! Proyek Besar Kab Cirebon Baru Digeber Agustus 2021

Sabar..!! Proyek Besar Kab Cirebon Baru Digeber Agustus 2021

CIREBON – Masyarakat Kabupaten Cirebon harus bersabar, pasalnya sejumlah Proyek besar khususnya pembangunan infrastruktur peningkatan jalan baru akan digelar di bulan Juli atau Agustus tahun ini.

DI KEC PASALEMAN, PENINGKATAN JALAN DIGEBER LEBIH AWAL. NAMUN DARI PANTAUAN REDAKSI, DI SANA TAK DITEMUKAN PAPAN PROYEK. Foto: Khanafi

Hal itu seperti disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon Hermanto kepada redaksi JP Jumat 29 Mei 2021. Ia menegaskan bahwa pihaknya sempat menegur Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Cirebon terkait molornya pembangunan di Kabupaten Cirebon.

Akhirnya didapatkan penjelasan bahwa terjadinya keterlambatan pengerjaan proyek fisik tersebut dikarenakan adanya refocusing anggaran yang tahun ini masih diberlakukan.

“Menurut penjelasan dari dinas, ketika volume dirubah maka RAB juga harus dirubah. Jadi pelaksanaan lelang katanya baru akan digelar awal Juni 2021, biasanya memakan waktu 1 bulan sehingga pekerjaan baru bisa digelar di bulan Juli atau Agustus. Ya kita cukup memakluminya,”  ujar anggota Fraksi Nasdem yang dibilang mirip Saiful Jamil itu.

Lanjut Hermanto, ada sejumlah proyek besar diantaranya peningkatan jalan seperti paket jalan Pabuaran – Jatiseeng, Sindang – Pabuaran, Kanci -Sindang dan lainnya. Sedangkan pengerjaan yang saat ini dilakukan seperti penambalan jalan rusak, berlubang, pengurugan, dan lainnya itu masuk dalam item perawatan jalan.

Terjadinya pandemi dan refocusing tahun kedua ini jelas mengakibatkan kebutuhan di bidang kesehatan meningkat, namun di sisi lain Pendapatan Asli Daerah (PAD), omset Pajak, dan Perekonomian serta sumber-sumber pendapatan lainnya saat ini masih lesu.

RPJMD dan Aturan Baru Nomenklatur Anggaran

Tak Sampai, pada Jumat 28 Mei 2021 itu juga digelar Rapat Paripurna persetujuan raperda, salah satu pembahasannya terkait perubahan nomenklatur RPJMD yang diberlakukan secara nasional. Dimana ada item-item anggaran tertentu yang harus mengikuti petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dari pusat. Untuk Kabupaten Cirebon sendiri Hermanto menjelaskan bahwa perubahan nomenklatur anggaran ini baru akan diberlakukan pada Tahun 2022, namun tidak menutup kemungkinan bilamana Pemkab Cirebon sudah siap, pemberlakuan regulasi nomenklatur baru tersebut bisa dipakai di Anggaran Perubahan tahun 2021 pada bulan September nanti.

“Secara teknis, perubahan nomenklatur itu ada penggabungan pada post anggaran-anggaran tertentu, jadi lebih simpel dan harusnya bisa mempercepat kemajuan pembangunan Kab Cirebon. Nanti pada pelaksanaannya tetap akan kita awasi,” pungkasnya. (jay/jp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.