Home » Cirebon » Sempat Dikhawatirkan Molor, Dishub Jabar: Terminal Ciledug Bakal Rampung Sebelum Deadline

Sempat Dikhawatirkan Molor, Dishub Jabar: Terminal Ciledug Bakal Rampung Sebelum Deadline

CIREBON – Pembangunan Terminal Tipe B di Ciledug, Kabupaten Cirebon yang merupakan Proyek Strategis Gubernur Jabar sudah memasuki minggu ke-26. Capaiannya kini sudah sekitar 54% dari target yang ditentukan sebesar 49%. Keberadaan terminal dengan anggaran Rp 50 miliar itu nantinya diharapkan memberi efek domino dalam bidang perekonomian dan peningkatan pendapatan daerah. 

SUASANA PEMBANGUNAN TERMINAL TIPE B CILEDUG, KAB CIREBON PADA MINGGU KE-26

Minimnya pemberitaan terkait progres pembangunan terminal tersebut, membuat Tim JP melakukan kunjungan langsung ke lokasi, Rabu (31/8/2022) siang. Di sana Tim berhasil menemui dan mewawancarai Danny Fulton selaku Kepala UPTD PPP LLAJ Wilayah IV Dishub Jabar.   

Pak Fulton begitu dia akrab disapa menjelaskan, Terminal Tipe B Ciledug dibangun di atas lahan seluas 7.924 meter dengan anggaran yang cukup besar yakni sebesar Rp 50 miliar yang bersumber dari APBD Pemprov Jabar tahun 2022. 

Di awal wawancara, pihaknya menjelaskan bahwa pembangunan Terminal Tipe B Ciledug sudah sesuai target, meski sebelumnya redaksi sempat mendapat info bahwa ada pihak-pihak yang mengkhawatirkan keterlambatan pembangunan tersebut.  

“Namanya juga pembangunan, pasti ada hal-hal yang mungkin di luar perkiraan. Tapi Insya Allah capaian per hari ini sudah di atas target. Dan kita terus berusaha, tiap minggu ada evaluasi. Ketika ada target yang tidak tercapai di minggu ini, maka minggu depan bisa di-double-kan,” ujarnya.

Ia juga menargetkan sebelum deadline yakni tanggal 27 Desember 2022, pembangunan terminal itu sudah rampung. “Target akhir Desember tangal 27 harus rampung semua. Tapi kemarin kita kita tegaskan ke kontraktor dan mereka bilang siap lebih cepat dari itu. Artinya tidak sampai mepet di akhir tahun,” tegasnya.

Guna memaksimalkan target-target tersebut, Dishub Jabar dalam hal ini UPTD PPP LLAJ Wilayah IV terus melakukan evaluasi dengan capaian mingguan bahkan target harian. Evaluasi yang dimaksud berupa progres di lapangan, keselamatan kerja, penggunaan APD, bahan material konstruksi, ketersambungan rencana dengan realisasi, dan juga koordinasi dengan semua pihak Manajemen (MK). 

Menurut Fulton, tantangan sebenarnya justru saat terminal Ciledug ini sudah difungsikan. Mengingat keberadaan Terminal Ciledug sebelumnya sepi dan tak banyak aktifitas transportasi. Namun Ia optimis, serangkaian rencana strategis yang dilakukan jajarannya dengan stakeholder terkait bisa meramaikan terminal ini di masa mendatang.

“Jutru tantangan selanjutnya adalah menghidupakan terminal yang sudah megah ini. Terobosan-terobosan akan kami lakukan salah satunya dengan menciptakan rute-rute baru yang nantinya dirancang agar melewati Terminal Ciledug. Karena lokasinya yang berdekatan dengan tol dan kawasan industri adalah peluang emas untuk mendongkrak PAD dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (jay)

SIMAK JUGA WAWANCARA LENGKAPNYA DI JPNEXT TV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*