Home » Info Jabar » HAORNAS 2022 Wapres: Terus Berkolaborasi untuk Pertumbuhan Industri Olahraga Nasional

HAORNAS 2022 Wapres: Terus Berkolaborasi untuk Pertumbuhan Industri Olahraga Nasional

KOTA BALIKPAPAN – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menghadiri acara puncak Hari Olahraga Nasional 2022 dengan tema Bersama Cetak Juara di Stadion Batakan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/9/2022).

Dalam kesempatan itu Wapres mengajak seluruh pemangku kepentingan olahraga Indonesia untuk terus berkolaborasi membangun ekosistem yang modern dan kondusif bagi tumbuhnya industri olahraga nasional.

“Kita ingin mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi. Namun lebih dari itu, kita juga ingin membangun industri olahraga yang dapat menyumbang pertumbuhan ekonomi,” kata Wapres Amin.

Selain itu Wapres juga mengapresiasi para atlet, pelatih, dan pembina yang telah memberikan prestasi di bidang olahraga nasional, maupun internasional.

“Saya mengucapkan terima kasih khususnya kepada para atlet dan pelatih yang telah mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya di panggung-panggung olahraga,” tuturnya.

Menerima Penghargaan

Pada kesempatan yang sama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima penghargaan sebagai Insan Olahraga Berprestasi untuk Kategori Pembina.

Penghargaan ini diraih karena Jawa Barat sukses menyabet juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat tahun 2016 dengan mengoleksi 531 medali, dengan rincian 217 emas, 157 perak, dan 157 medali perunggu.

Berikutnya pada PON XX tahun 2021 di Papua, Jabar juga meraih juara umum dengan torehan 133 emas, 105 perak, dan 118 perunggu.

Tahun ini, Provinsi Jawa Barat pun meraih juara umum dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional.

Juara umum yang diraih Jabar untuk semua jenjang, yaitu SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI), SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs), SMA/Madrasah Aliyah (MA), SMK, dan Pendidikan Khusus/ Luar Biasa (SDLB/SMPLB).

Jabar sukses mendulang sembilan medali emas, empat perak, dan lima perunggu, diikuti diĀ  urutan kedua dan ketiga, yaitu Provinsi Jawa Timur dan DKI Jakarta. Disaksikan Wapres Amin, Ridwan Kamil menerima penghargaan yang diberikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. (rls/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*